Mohon tunggu...
Azri Syahrul Fazri
Azri Syahrul Fazri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Menulis adalah hobi, Membaca adalah kebutuhan, Mengabadikan adalah sejarah

Yang lebih sulit dari mencari ide adalah bagaimana ia dapat menuangkan idenya ke dalam tulisan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Percaya Diri Menjawab Pertanyaan Saat Presentasi

18 Mei 2022   20:41 Diperbarui: 18 Mei 2022   20:49 175 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dijenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun perkuliahan tentu istilah presentasi sudah menjadi konsumsi di kelas, apalagi kurikulum di Indonesia yang menuntut kita untuk berdiskusi tentang suatu materi pelajaran lalu dipresentasikan. Saling bantah-bantahan argumen biasanya sering terjadi antara kelompok penyaji dengan audiens, yang tentunya membuat presentasi jadi lebih seru.

Meskipun begitu, mungkin beberapa dari kita hal tersebut menjadi beban tersendiri. Apalagi kita yang notabenenya belum terlalu pede dan belum menguasai public speaking. Faktor tersebut tentu berpengaruh bagi kita ketika sedang presentasi, ditambah muncul berbagai rasa khawatir dan takut salah dalam menjawab pertanyaan dari audiens.

Tenang, beberapa tips di bawah bisa teman-teman coba terapkan. Namun jangan berharap hasil yang instan, karena semuanya butuh proses. Hal itu tergantung konsistensi dan konsekuen teman-teman dalam menerapkannya.

1. Memahami materi yang dipresentasikan

Dalam diskusi kelompok, biasanya setiap orang punya job materi yang perlu ia pahami. Dengan begitu, pembagian tugasnya tidak terlalu sulit dalam presentasi nanti. Namun, jika kita menguasai keseluruhan materi yang akan dipresentasikan, maka kita akan leluasa menjawab berbagai pertanyaan teman yang diajukan. 

Penguasaan terhadap materi akan menjadi dasar dalam menyampaikan berbagai argumentasi yang kita sampaikan, dengan begitu bukan hanya kompeten, tetapi juga akan menghadirkan diskusi yang asyik dalam presentasi nanti.

2. Buat kemungkinan pertanyaan yang mungkin akan teman kamu ajukan

Setelah kita mencoba memahami materi yang akan disampaikan, selanjutnya siapkan berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi. Kemungkinan buruk itu dalam artian pertanyaan yang kemungkinan teman kita ajukan dan memang cenderung sulit. Namun tenang, kemungkinan buruk itu bisa jadi kemungkinan baik jikalau kita sudah mempersiapkannya. 

Makanya, kamu coba list pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan teman kamu ajukan saat presentasi nanti, supaya kamu tidak kaget dengan pertanyaan yang temanmu ajukan ke kelompok kamu.

3. Jangan perhatikan siapa yang bertanya, tetapi inti dari pertanyaannya

Hal ini kadang menjadi penyebab kita tidak percaya diri dalam presentasi. Di kelas biasanya ada beberapa orang yang selalu bertanya dan selalu membantah ulang setiap jawaban yang kita berikan. 

Akibatnya kita malas dan bete saat orang itu bertanya ke kelompok kita. Hehe tenang, karena pada intinya yang menjadi fokus dalam presentasi itu adalah substansi pertanyaannya bukan tentang siapa yang bertanya. Meskipun ia bertele-tele dalam bertanya, tetap saja yang harus kita perhatikan adalah pertanyaannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan