Mohon tunggu...
Syahrul Fadillah
Syahrul Fadillah Mohon Tunggu... Freelancer - 181010503807

Mahasiswa Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemulihan Kegiatan Ekonomi di Indonesia

8 Desember 2021   17:35 Diperbarui: 8 Desember 2021   17:53 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemulihan ekonomi adalah serangkaian kebijakan yang dimaksudkan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional untuk menjaga stabilitas ekonomi dan sektor keuangan dapat terjaga dengan baik. Wabah virus korona memang menjadi momok yang menakutkan. Kondisi ini telah megubah kegiatan perekonomia global, termasuk lalu lintas perdagangan internasional. Terhambatnya kegiatan ekspor dan impor menyebabkan kenaikan harga sejumlah komoditas pangan dan penutupan sejumlah bisnis. Saat bisnis kehilangan pendapatan pengangguran cendrung meningkat tajam. Dampak ini akan terus terasa selama adanya pembatasan pergerakan orang dan kegiatan ekonomi,serta tergantung pada respons dari otoritas-otoritas keuangan nasional.

Untuk mengatasi mandeknya kegiatan ekonomi banya negara melakukan kegiatan new normal agar pemulihan ekonomi kembali berjalan walaupun tidak serta merta kembali seperti sebelum adanya pandemi covid. Bagi indonesia dampak yang diberikan besar ada disektor perdagangan  akibat terlambatnya ekspor dan impor. Penurunan juga tidak hanya terjadi dibagian ekspor dan impor saja, tapi juga terjadi di semua sektor ekonomi. Para pelaku usaha kecil juga turut andil besar merasakan hal ini. Yang paling terasa adalah turunnya tingkat penjualan semenjak pandemi terjadi.

Pemulihan ekonomi ini dengan cara membuat kebijakan. Kebijakan yang diterapkan dalam situasi ini kebijakan yang memiliki jangka pendek, sesuai dengan tujuan untuk pemulihan ekonomi . Karena itu  kebijakan yang dilakukan bersifat sementara dan akan berubah seiring waktu berjalan. Contoh kebijakan yang diberikan dapat berupa pembinaan untuk pelaku usaha kecil (UMKM). Sudah selayaknya pemerintah memberikan perhatian utamanya pada UMKM. masalah yang dialami oleh UMKM adalah berkurangnya pemasukan akibat kebijakan PSBB yang membuat toko / warung menjadi sepi pengunjung sehinggan transaski jual beli berkurang. Oleh karena itu pembinaan berupa pelatihan dan pemberian bantuan finansial dapat menjadi jawaban bagi masalah yang dihadapi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan