Mohon tunggu...
Syahrul Chelsky
Syahrul Chelsky Mohon Tunggu... Lainnya - Roman Poetican

90's Sadthetic

Selanjutnya

Tutup

Puisi Artikel Utama

Puisi | Beberapa Nasihat yang Aku Tulis Untukmu

19 Januari 2020   10:45 Diperbarui: 20 Januari 2020   06:40 461
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
instagram.com/kulturtava

Aku pikir aku tidak pernah bisa untuk tidak mencintaimu.
Tetapi aku cukup mahir untuk mencintaimu dengan cara
yang sedikit berbeda;
Seperti dengan berpura-pura tidak mencintaimu, atau dengan membiarkanmu dicintai oleh orang lain. Dan kau juga mencintai keduanya:
Dicintai olehnya
dan kesendirianku ini.

Malam ini sungguh panjang
Di teras dengan bulan yang padam,
aku banyak merenung dan membuat
Beberapa nasihat yang sebaiknya aku
Sampaikan saja kepadamu,
Entah mungkin di telepon
Atau kutulis saja dalam bentuk pesan-pesan yang kau sering berharap agar aku tidak mengirimkannya kepadamu. Supaya kau bisa meneruskan pekerjaan, lalu tertidur dengan nyenyak.

Tapi kalau ada waktu,
mungkin akan lebih bagus
Apabila kau sempat membacanya.

Jaga dirimu baik-baik.
Cuaca di awal tahun ini cukup buruk,
Kau bisa melihatnya di televisi
Jika kau masih ingat untuk menontonnya.
Akan lebih baik kalau kau membawa
payung jika bepergian.
Karena hujan
bisa turun kapan saja.

Minumlah banyak air putih.
Letakkan segelas air di sebelahmu sebelum
kau tidur. Itu akan cukup membuatmu merasa lebih baik jika suatu waktu
kau terbangun dari mimpi
buruk.
Dan air putih juga bisa membuat rambut dan kulitmu menjadi lebih sehat.

Tidurlah lebih awal.
Tubuhmu butuh istirahat agar terasa lebih segar di pagi hari.
Jangan lupakan sarapan.
Meski sedikit, itu akan membuatmu
cukup kuat untuk melewati perjalanan
berjam-jam dengan kereta
Atau berdiri di dalam bus
jika tempat dudukmu kauberikan pada
Ibu-ibu hamil
atau seorang lansia.

Kalau ada waktu senggang, bacalah buku. Sajak-sajak Warsan Shire cukup bagus untuk membangun sisi romantis dan keibuan dalam dirimu.
Kalau kau tidak suka, Jonas Jonasson
cukup cakap dalam menyulap tragedi
menjadi sajian komedi.
Ia akan membuatmu
—setidaknya—tersenyum.
Buku-buku umum juga selalu
Menjadi pilihan yang baik untuk
menambah wawasanmu.

Mendengarkan lagu-lagu favorit
dapat mengusir rasa bosan.
Di dalam kereta sebelum kau
sampai tujuan,
juga di dalam kamar sewaktu
kau sendirian.
Aku percaya sebuah lagu bisa membuat
seseorang merasa lebih tenang.

Kau orang baik.
Bukanlah hal sulit
untuk bersikap manis pada rekan
kerjamu. Meski atasanmu
adalah orang yang sangat menyebalkan.

Minumlah obat kalau sakit.
Itu akan membuatmu sembuh sedikit
lebih cepat.
Aku selalu berharap agar bisa
melihatmu tumbuh menjadi
pribadi yang lebih baik.
Aku berdoa untuk kebahagiaan
dan keselamatanmu
Dari sebuah tempat terpencil
di pinggiran kota ini.

Semuanya semata-semata
Karena aku ingin sedikit berbeda
dalam mencintaimu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun