Mohon tunggu...
Otomotif Pilihan

Proses Mesin CNC beserta CAD CAM

30 Januari 2019   13:17 Diperbarui: 30 Januari 2019   13:41 0 0 0 Mohon Tunggu...
Proses Mesin CNC beserta CAD CAM
Hasil pahatan mesin CNC

Membuat suatu produk menggunakan mesin CNC bukanlah mudah dan simpel, perlu proses yang cukup panjang bahkan sebelum material mentah masuk ke dalam mesin CNC.

Sebelum membuat produk di dalam mesin CNC harus dipersiapkan terlebih dahulu rancangan desain di dalam software CAD (Computer Aided Design) seperti contoh aplikasinya adalah AutoCad, ZW3D, Catia dan lain sebagainya.

Setelah rancangan desain sudah selesai dibuat berikutnya adalah merancang proses pengerjaannya yang disebut dengan CAM (Computer Aided Manufacturing) seperti contohnya MasterCam, Catia, ZW3D dll terkadang satu aplikasi menyediakan CAD dan CAM sekaligus. Didalam CAM terdapat pengaturan pahat, kecepatan putaran mesin, kedalaman pemakanan dan lain sebagainya.

Jika rancangan CAM sudah jadi tahap berikutnya adalah simulasikan didalam komputer untuk proses pengerjaannya agar memastikan bahwa proses pengerjaannya tidak memiliki kendala lain, jika sudah lalu extract proses pengerjaan menjadi bahasa pemrograman berupan kode NC (Numerical Control)

Data NC dari komputer kemudian di copy lalu dimasukan kedalam mesin CNC untuk menjadi bahasa perintah pengerjaan suatu produk sesuai rancangan CAM yang telah dibuat, kemudian simulasikan didalam mesin CNC tanpa menggunakan material mentah untuk memastikan gerakan mesin sudah sesuai dengan simulasi yang telah dilakukan di komputer, jika tidak terjadi masalah maka mesin CNC sudh dapat melakukan produksi suatu part atau komponen.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x