Mohon tunggu...
Syahrani Nabilah Aula Regitha
Syahrani Nabilah Aula Regitha Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Surabaya

Pendidikan Bahasa Mandarin

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mengenalkan Masyarakat Indonesia dengan Bahasa Mandarin dan Sikap Masyarakat Tiongkok

27 Maret 2021   14:40 Diperbarui: 27 Maret 2021   14:41 270 2 0 Mohon Tunggu...

 

Negara Tiongkok merupakan negara ketiga yang dianggap sukses dalam bidang industri dan perdagangan setelah Amerika dan Jepang. Hal ini juga tentunya membawa faktor yang membuat banyak produk yang berasal dari Negara Tiongkok yang diimport langsung oleh Indonesia, Produk tersebut berasal dari beberapa perusahaan Negara Tiongkok contohnya seperti barang-barang elektronik, transportasi umum, peralatan masak, dan lain-lain. Negara Tiongkok atau yang bisa disebut Cina merupakan negara yang maju dalam perekonomian. Pada saat ini Indonesia sering menerima investasi yang berasal dari negara asing, sehingga banyak Warga Negara Asing yang menanamkan saham di Indonesia, contohnya adalah seperti Warga Negara Tiongkok yang sedang gencar melakukan hubungan investasi dan membuka usaha baru yang didirikan di Negara Indonesia untuk keuntungan kedua negara.

            Negara Tiongkok tentunya tidak asing dengan Bahasa Mandarin yang sudah menjadi bahasa ibu negara tirai bambu tersebut, Bahasa Mandarin memiliki banyak kosa kata yang tentunya juga beragam. Dengan banyaknya Warga Negara Tiongkok dan banyaknya Warga Negara Indonesia yang memiliki etnis Tionghoa yang masuk ke Indonesia untuk berwisata, menjadi investor, dan membuka usaha di Indonesia, tentunya Bahasa Mandarin dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Negara Indonesia untuk mempermudah komunikasi dengan masyarakat Negara Tiongkok, sehingga dapat menarik kembali lebih banyak wisatawan atau investor yang datang ke Indonesia dan tentunya akan menambah jumlah perekonomian negara di Indonesia.(Limuria and Sutandi 2019)

Selain itu Bahasa Mandarin juga dapat kita gunakan sebagai pekerjaan di Indonesia dan Tiongkok yaitu sebagai penerjemah bahasa Mandarin ataupun tour guide yang dapat bermanfaat untuk menjadi penerjemah Bahasa Mandarin ke Bahasa Indonesia dan sebagai media komunikasi perantara masyarakat Indonesia dan masyarakat Tiongkok.

Bahasa Mandarin merupakan Bahasa yang menarik, walaupun beberapa orang dari berbagai negara mengatakan bahwa Bahasa Mandarin itu susah, tapi dengan ketekunan yang jelas adanya akan membuat kita dapat mempelajari Bahasa Mandarin dengan membawa suasana yang menyenangkan dan asik. Mempelajari Bahasa Mandarin juga dapat di percaya akan membuat daya ingat seseorang semakin kuat dan membuat kita dapat mengingat pembelajaran bahasa asing yang lainnya karena Bahasa Mandarin memiliki banyak kosa kata yang dipelajari.

Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang dianggap memiliki jumlah penutur yang luas dengan jumlah pertumbuhan bahasa yang cepat di dunia contohnya yaitu banyaknya mahasiswa yang merupakan masyarakat dari Negara Tiongkok yang melakukan studi di Amerika berjumlah total 19,8% jiwa.

 Negara Tiongkok merupakan negara yang juga memiliki banyak sejarah dan budaya turun temurun yang diajarkan oleh leluhur yang ada disana, kebudayaan Tiongkok dapat di pelajari oleh semua negara, maka dari itu Bahasa Mandarin dapat membantu masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih mudah dalam mempelajari sejarah, Bahasa dan kebudayaan yang ada di Tiongkok. Saat ini, sudah banyak Warga Negara Indonesia yang juga berasal dari etnis Tionghoa yang menetap di Indonesia, banyak sekali tradisi yang sering mereka lakukan di Indonesia, contohnya seperti budaya perayaan imlek, didalam perayaan imlek tentunya banyak tradisi seperti menghias rumah, memakai pakaian berwarna merah, dan memberi angpao bagi etnis Tionghoa yang belum menikah.

Mempelajari Bahasa Mandarin ada banyak caranya, di zaman yang sudah canggih ini tentunya banyak media yang dapat dijadikan  media pembelajaran Bahasa Mandarin seperti buku kamus yang dapat kita baca dan memiliki banyak kosa kata, media musik yang dapat didengar dan di artikan liriknya untuk mengetahui tentang Bahasa Mandarin, adanya pembelajaran video yang ada di berbagai chanel youtube yang menyediakan pembelajaran Bahasa Mandarin  melalui media virtual, adanya jasa pengajar privat dapat membantu dalam pengajaran Bahasa Mandarin lebih cepat, selain itu di zaman yang sudah canggih ini tentunya juga memiliki media aplikasi pembelajaran seperti Kamus Bahasa Mandarin online contohnya adalah aplikasi "pleco" selain kamus tentunya ada aplikasi yang menawarkan soal soal pembelajaran Bahasa Mandarin yang dapat dicoba untuk mengukur bagaimana pengetahuan pembelajaran Bahasa Mandarin yang sudah di lalui.(Herman Tan 2017)

Negara Tiongkok sudah dikenal juga sebagai negara yang tegas dan disiplin, tentunya negara ini cocok menjadi negara panutan jika dilihat dari sikap dan prinsip hidup rakyat Tiongkok yang selalu disiplin dan tegas dalam semua hal, contohnya seperti waktu, pekerjaan, dan lain-lain. Saat ini sudah banyak sekali contoh masyarakat Indonesia yang merupakan etnis tionghoa yang memiliki sikap yang bagus dalam pekerjaan dan waktu.

Negara Tingkok memiliki otak yang cerdas dalam berbisnis karena mereka memiliki sikap yang tidak mudah menyerah dan akan selalu mencoba ketika gagal, maka dari itu tidak sedikit etnis Tionghoa yang memiliki harta kekayaan yang banyak di Indonesia. Dengan otak dan sikap mereka yang disiplin mereka dapat mecapai tujuan seperti apa yang ingin mereka dapat, tentunya sikap dan cara pemikiran etnis Tionghoa ini dapat ditiru oleh masyarakat pribumi di Negara Indonesia dalam hal berbisnis dan berusaha agar Indonesia dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia dan menjadi negara yang lebih sukses.

 Selain dalam hal usaha dan pekerjaan, sikap masyarakat Tiongkok yang disiplin juga diterapkan dalam hal Pendidikan. Pendidikan di Tiongkok memiliki sikap disiplin yang sangat tinggi, mereka sangat disiplin dalam hal pendidikan dan waktu, maka dari itu sekolah di Tiongkok sangat tegas jika ada siswa yang tidak memiliki sikap disiplin waktu dan disiplin dalam sekolah, sehingga sistem pendidikan di Tiongkok sangat maju dan menciptakan generasi penerus yang disiplin dan cerdas. (Latif Munawar 2018)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN