Dua hal yang membuat wanita deg-degan. Jatuh cinta dan diskon gede-gedean.
Jika ada tidak sedang jatuh cinta, maka 12.12-lah yang jadi pemicunya.
Apa itu 12.12.
12.12 adalah hari belanja online nasional atau Harbolnas. Aktifitas belanja online ini dihelat setiap tanggal 12 bulan 12 yang dimulai sejak tahun 2012.
Sejarahnya, menurut Kompas, Harbolnas ini diprakarsai oleh enam e-commerce yang cukup besar di Indonesia yaitu Zalora, Lazada Indonesia, Blanja, PinkEmma, Bukalapak dan Berrybenka. Â Keenamnya merupakan asosiasi e-commerce Indonesia (IdeA).
Ide Harbolnas ini berasal dari perayaan belanja yang pelaksanaannya mirip-mirip dengan yang ada di beberapa negara seperti Inggris, Jerman, Jepang, Amerika dan Cina.
Angkanya? Tidak main-main. Di tahun 2019, berdasarkan survey Nielsen Indonesia, nilai transaksi Harbolnas mencapai 9 triliun. Jumlah ini meningkat dari tahun 2018 yang 'hanya' 6,8 triliun. Tahun 2020 Harbolnas agak sedikit down dikarenakan p4ndemi. Jangan remehkan bisnis online. :D
Tujuan Harbolnas ini untuk mengedukasi masyarakat bahwa belanja online itu aman, praktis, bisa dilakukan dimana saja. Selain itu tentu saja untuk memajukan industry e-commerce di Indonesia.
12.12 identik dengan diskon besar-besaran bahkan banyak harga yang tidak masuk akal. Ada yang kasih diskon 70% bahkan lebih.
Saran Saya, berhati-hatilah. Jadilah pembeli yang cerdas.
- Pastikan kita mengetahui harga pasaran sebelum di diskon. Jangan sampai beli produk yang sudah di-up harganya kemudian baru di diskon. Sama saja artinya diskon bodong.
- Pastikan pelapak yang terpercaya. Hati-hati dengan oknum pelapak yang nakal.
- Bandingkan harga dengan beberapa e-commerce yang lain.
- Teliti mutu porduknya. Jangan sampai karena tergiur harga murah, ternyata produknya jelek, abal-abal. Waspada beli produk yang tidak bisa distandarisasi, misalnya produk olahan, produk tanpa merk, produk baru launching, produk aji mumpung/musiman/dadakan.
- Belilah sesuai kebutuhan, hindari sifat konsumtif.
- Pastikan uangnya ada dan memang dialokasikan belanja. Jangan menggunakan yang bukan pos nya apalagi sampai ngutang.
- Perhatikan dengan cermat ongkirnya.
Saran Saya, jangan memaksakan diri dan mudah tergiur dengan belanja produk yang unfaedah. Dibeli hanya karena pengen, bukan karena dibutuhkan.