Mohon tunggu...
Syahnaz Alya Puteri
Syahnaz Alya Puteri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Unversitas Siber Asia

saya hobi travelling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Influencer Marketing Dalam Platform E-Commerce

28 Januari 2023   14:31 Diperbarui: 28 Januari 2023   14:35 1971
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Abstrak— Teknologi yang semakin berkembang mengakibatkan banyaknya pengguna media sosial. Teknologi berdampak signifikan pada kehidupan sehari-hari, termasuk proses pemasaran internet, yang menggunakan influencer media sosial. 

Karena kemudahan akses informasi, pelanggan menuntut informasi tentang suatu produk secara transparan, dimana konsumen dapat mengidentifikasi merek yang dapat dipercaya untuk merangsang minat dan niat beli. 

Tidak hanya citra produk, citra merek, atau citra perusahaan yang positif dapat ditampilkan kepada konsumen, tetapi juga dapat meningkatkan penjualan. 

Menggunakan influencer dapat memberikan efek menguntungkan pada keputusan pembelian, oleh karena itu meningkatkan penjualan melalui e-commerce adalah metode yang terbukti dan diverifikasi secara eksperimental untuk meningkatkan pemasaran digital yang sukses.

Kata kunci— Media Sosial, Influencer Marketing, E-commerce, Penjualan

Pendahuluan

Semuanya menjadi lebih sederhana di era digital kita. Kita bisa mendapatkan hampir semua hal di internet. Mulai dari belanja online, pemesanan makanan online, hingga transportasi online tersedia. Karena pesatnya perkembangan internet pada saat itu, sistem perdagangan dunia digital pun dikembangkan.

E-commerce, sering dikenal dengan perdagangan elektronik, mengacu pada semua jenis transaksi ekonomi yang melibatkan komoditas atau layanan yang menggunakan internet sebagai media perantara. 

E-commerce adalah situs di internet di mana banyak orang berkumpul untuk membeli dan menjual barang. Beberapa orang ingin mencari barang, sementara yang lain ingin menjual barangnya. Shopee, Tokopedia, Sociola, Blibli, dan marketplace lainnya yang ada di Indonesia saat ini.

Pemasaran adalah salah satu cabang bisnis yang penting; salah satu tanggung jawab departemen pemasaran adalah mempromosikan produk, mendistribusikannya, dan memastikan produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Ada berbagai metode dan cara untuk menjual produk atau jasa saat ini, tetapi pemasar juga harus menyesuaikan pola dan strategi pemasaran untuk mengikuti perkembangan zaman dan bersaing di pasar bebas dengan para kompetitor mereka.

Berdasarkan konteks tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh influencer dalam meningkatkan penjualan pada platform e-commerce.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun