Mohon tunggu...
syahdillaaa
syahdillaaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Anthony Giddens: Teori Strukturasi

20 Oktober 2022   04:15 Diperbarui: 15 Desember 2022   16:16 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BIOGRAFI

Pertama-tama mari kita mengenal dulu siapa itu Anthony Giddens , beliau adalah Teoritisi sosial inggris masa kini yang sangat penting dan salah seorang  dari sedikit Teoritisi yang sangat berpengaruh di dunia. Giddens lahir pada tanggal 18 Januari 1938 (Clark Modgil dan Modgil 1990), Giddens belajar di Universitas Hull, di The London School Of Economics,dan di Universitas London . 

Tahun 1961, Giddens diangkat menjadi dosen di Universitas Leicester . Karya awalnya bersifat empiris dan memusatkan perhatian pada masalah bunuh diri. Tahun 1969, Giddens beralih jabatan menjadi dosen sosiologi di Universitas Cambridge dan sebagai anggota King's College. 

Giddens terlibat dalam studi tentang percampuran kultur , menghasilkan bukunya yang pertama yang mencapai penghargaan Internasional berjudul, The Class Structure Of Advanced Societies (1975). 

Selama dekade Giddens menerbitkan sejumlah karya Teoritis penting , dalam karyanya itu selangkah demi selangkah Giddens membangun perspektif teoritisnya sendiri yang terkenal sebagai teori strukturasi , tahun 1984 karya Giddens mencapai puncaknya dengan terbitnya buku The Constitution Of Society Outline Of The Theory Of Society yang merupakan pernyataan tunggal terpenting tentang perspektif teoritis Giddens. Tahun 1985 Giddens diangkat menjadi profesor sosiologi di Universitas Cambridge , Giddens berpengaruh dalam teori sosiologi dalam 2dakte . 

Giddens pun berperan penting dalam membentuk sosiologi inggris masa kini salah satunya menjadi konsultan editor 2 perusahaan penerbit-machmillan dan Hutchinson, lebih penting lagi adalah salah seorang pendiri Polity Press, sebuah perusahaan penerbit yang sangat aktif dan berpengaruh terutama dalam teori sosiologi.

Giddens pun menerbitkan sociology (1987) sebuah buku-ajar yang di tulisnya menurut gaya Amerika yang mencapai sukses di seluruh dunia. Giddens sangat berpengaruh terutama di AS, yang menarik karyanya sering kurang di terima di negerinya sendiri( inggris ) dibanding dengan negara lain , di 1980-an karir Giddens mengalami serangkaian perubahan menarik ( Byrant dan Jary,2000).pada 1997 Giddens menjabat sebagai Direktur London School of Ecomonic ( LSE ) sekolah yang sangat di segani. 

TEORI

kemudian membahas tentang teori strukturasi , saya mengenal teori strukturasi Anthony Giddens dari buku Teori Sosiologi Modern (2012) dibuku ini menjelaskan bahwa Salah satu usaha menggabungkan agensi dan struktur yang paling terkenal dan diungkapkan dengan paling jelas adalah teori strukturasi Anthony Giddens. Giddens melangkah begitu jauh dengan mengatakan, Setiap penyelidikan riset di dalam ilmu-ilmu sosial atau sejarah terlibat di dalam menghubungkan tindakan [sering digunakan secara sinonim dengan agensi] dengan struktur tidak ada pengertian ketika struktur menentukan tindakan atau sebaliknya (1984:219). Strukturasi menyatakan manusia memiliki kemampuan membuat struktur dan secara sukarela menentukan struktur untuk mereka sendiri, artinya manusia memiliki kebebasan penuh untuk membangun lingkungan hidup sendiri (Achmad, 2020). Giddens berupaya untuk menggabungkan antara agen dan struktur karena kedua komponen merupakan dua hal yang saling berkesinambungan. Agen dan struktur tidak bisa dipahami apabila dalam keadaan terpisah satu sama lain. Konsep strukturasi sendiri memiliki tiga fungsi yang terdiri dari fungsi Signifikasi, Dominasi, dan Legitimasi.

Contoh merefleksikan strukturasi di kehidupan sehari-hari di masyarakatan yaitu seperi Kiyai, Seperti yang telah dijelaskan bahwa konsep strukturasi ada tiga yaitu fungsi signifikansi, legitimasi dan dominasi. seperti Kiayi disini mempunyai legitimasi berupa memberi ilmu Agama (mengajar) , Lebih jelasnya, orang yang tidak memiliki kedudukan sebagai kiyai kurang dipercaya untuk mengajar di kalangan pondok pesantren. Di lain sisi, seorang Kiyai juga memiliki identitas atau memiliki atribut yang menggambarkan bahwa ia adalah seorang Kiyai, inilah yang disebut fungsi dominasi. Para santri akan patuh kepada seorang individu jika ia memakai seragam layaknya seorang Kiyai. Kurang lebih seperti itu contoh strukturasi dalam kehidupan sehari-hari. Dari sini bisa dipahami bahwa tindakan sosial dengan struktur sosial memiliki sebuah keterikatan dalam membentuk kehidupan masyarakat. Para santri  akan patuh kepada seorang individu jika ia memakai seragam dan memiliki riwayat seorang kiyai. Kurang lebih seperti itu contoh strukturasi dalam kehidupan sehari-hari. 

Achmad, Zainal Abidin. "Anatomi Teori Strukturasi Dan Ideologi Jalan Ketiga Anthony Giddens." Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media 9, no. 2 (2020): 45--62.

G.RITZER.  (2012). "TEEORI SOSIOLOGI KLASIK MODERN". Penerbit Pustaka Pelajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun