Mohon tunggu...
syahdillaaa
syahdillaaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Fakta Teori Strukturasi Anthony Giddends

23 September 2022   22:25 Diperbarui: 24 September 2022   11:39 34 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

BIOGRAFI

Anthony Giddens (1938) adalah seorang sosiolog Inggris,lahir 18 Januari 1938  sosiolog asal Britania Raya.  profesor sosiologi di Universitas Cambridge dan direktur London School of Economics. Dia dikenal dunia saat ini karena teori strukturalnya dan pandangan luas masyarakat modern. Ini mungkin menunjukkan bahwa karya Giddens melibatkan siklus kedua penelitian: yang pertama mencoba memberikan tujuan yang berbeda dari struktur disiplin teoretis. Ini, penulis membatasi parameter baru filosofi pembinaan dan opini publik.

 Bagian lain dari penelitian ini berfokus pada mempelajari karakteristik sosial kontemporer. Kitkins telah bekerja dalam masyarakat berwawasan ke depan yang berfokus pada ide-ide nasional dan masalah kelas sosial. Perlu dicatat bahwa Investigasi, terutama hari ini.  Salah satu peneliti terkemuka telah melakukan tinjauan kasus terhadap proses pengembangan yang menghubungkan regresi data kecil dari sistem penyakit dengan protokol kesehatan untuk mencapai tingkat. Dalam karya terbaru mereka, sosiolog telah berjuang untuk menghubungkan sistem politik, pemerintahan, dan demokrasi saat ini dengan perubahan dalam kehidupan pribadi masyarakat. Giddins menyarankan bahwa ada bagian dari demokrasi yang dalam beberapa hal mempengaruhi perkembangan pribadi setiap individu. Giddens menerima banyak arahan dari penulis seperti Marx, Durkem, dan Webber, serta gelombang ide kritis, teoretis, dan sosial. Misalnya, Giddens menyimpan analisisnya. Pemikiran Jerman berusaha memahami proses sejarah dengan visi empati dan perdamaian. 

Pendekatan sosiologi makro maupun mikro, masing-masing tidak mampu memberikan penjelasan terhadap berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat. Atas dasar itu, Anthony Giddens (1984) mengembangkan teori baru yang disebut sebagai Teori Strukturasi (Structuration theory).

Inti pokok teori ini adalah bahwa struktur sosial adalah media, tetapi sekaligus juga merupakan hasil dari aksi sosial.

Giddens (1984), dalam teori strukturasi, memfokuskan perhatian pada social-practices, yang menghubungkan antara sosiologi makro dengan sosiologi mikro, melalui hubungan antara agency dan "struktur". Agency dan struktur ada dalam hubungan dualitas dan saling mempengaruhi, dan bukan dualisme. Keduanya tidak dapat dipisahkan, melainkan merupakan dua sisi dari satu mata uang.

Semua kegiatan sosial termasuk atlet Inuit, yang semuanya terus-menerus berhubungan langsung dengan kegiatan kegiatan Inuit. Individu (pengadilan, deputi) selalu terlibat dalam efektivitas proses ini melalui penggunaan struktur orientasi dan fleksibilitas.

Struktur direproduksi secara terstruktur. Singkatnya, asumsi Giddens tentang struktur tersebut mempertimbangkan:

Agen (aktor) selalu memantau pikirannya, aktivitasnya, maupun lingkungan fisik dan sosialnya.

Aktor mensosialisasi dunianya, sehingga memberikan rasa aman dan dapat bertindak efektif dalam kehidupan sosialnya.

Perilaku aktor selalu didorong oleh motivasi-motivasi tertentu, walaupun motivasi tersebut kerapkali tidak disadari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan