Mohon tunggu...
Syafriadi
Syafriadi Mohon Tunggu... wiraswasta -

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Pesona Bumi Markisah Dari Ketinggian 2575 Mdpl

10 Desember 2015   21:11 Diperbarui: 10 Desember 2015   21:11 146 0 0 Mohon Tunggu...

Bumi Markisah dari Puncak Gunung Talang

Selain dikenal sebagai daerah penghasil beras ternama di Indonesia, kabupaten Solok juga dikenal dengan bumi markisah dan asal ayam kokok balenggek yang sudah mendunia, bahkan untuk menanamkan citra tersebut, pemerintah membangun tugu ayam tersebut di depan kantor Bupati Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Tak hanya sampai disitu, kabupaten solok juga diberkahi dengan potensi sumber daya  lainnya terutama dari segi budaya dan keindahan alam yang menghiasi beberapa daerah di bumi beras tersebut.

Banyak pilihan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Solok mulai dari wisata budaya, wisata kuliner dan wisata alam yang dapat memanjakan wisatawan dan menambah pengetahuan wisatawan yang mengunjunginya.

Salah satu destinasi wisata alam yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari daerah, nasional bahkan internasional adalah wisata pendakian Gunung Talang setelah sebelumnya pemerintah Kabupaten Solok membuka jalur wisata bagi kalangan umum dari daerah Air Batumbuk.

Gunung Talang merupakan satu-satunya gunung berapi aktif bertipe strato volcano atau gunung api tipe kerucut yang terdapat dalam wilayah administrasi kabupaten Solok, hingga hari ini, gunung tersebut masih berstatus waspada dan aman untuk melakukan pendakian.

Dengan tinggi 2575 Meter dari permukaan laut (mdpl) , Gn. Talang menyajikan berbagai pemandangan indah yang memanjakan mata dan jiwa setiap orang yang mendakinya serta mengobati lelah sepanjang perjalanan.

Untuk mencapai puncak gunung Talang, ada dua jalur yang bisa diakses oleh para pendaki, pertama jalur umum atau lebih untuk wisata yakni melalui daerah air batumbuk dan jalur yang lebih ekstrim untuk kalangan penggiat di Bukit Sileh.

Jalur pendakian umum wisata yang terdapat di Air Batumbuk pertama kali diresmikan oleh dinas pariwsata kabupaten Solok pada tahun 2014 dan lansung dimeriahkan dengan pendakian bersama dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke 69 pada tahun yang sama dan disusul pada tahun berikutnya.

Titik awal pendakian terdapat Nagari Air Batumbuk jalan raya Lubuk Selasih-Alahan Panjang, tepatnya di Simpang Masjid Muhajirin, disana para pendaki dapat melakukan registrasi dan memarkirkan kendaraan di posko pendakian yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Dari titik awal tersebut kita akan melanjutkan perjalanan menuju pesanggrahan Gn. Talang dengan melewati hamparan kebun teh yang luas dan menjanjikan terapi ketenangan jiwa dan jalan kerikil lepas yang menguji kekokohan tekad.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x