Mohon tunggu...
Syafiya NisrinaHanifah
Syafiya NisrinaHanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga 2020

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030070

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Tips Belajar ala Jerome Polin

30 Juni 2021   22:10 Diperbarui: 30 Juni 2021   22:22 71 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Belajar ala Jerome Polin
Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Ada gak sih orang yang pengen banget ambis, belajar, tapi cepet banget bosen? Malah saking banyaknya nya yang harus dipelajari jadi bingung mau bebalajar apa dan dengan metode seperti apa, agar yang kita lakuin itu gak bakal sia-sia.

Nah, disini bakalan dibahas tentang tips belajar ala Jerome polin. Ngomong-ngomong tenant Jerome, pasti kalian udah pada tahu ya, itu tuh yang terkenal banget jago matematika. Yang suka ngomong Bahasa jepang itu. Ya, benar banget! Udah deh dari pada lama-lama, mending langsung aja, ini dia tips belajar ala Jerome Polin:

1. Menggunakan metode belajar 50 menit belajar, 10 menit istirahat

Mengapa hasur menggunakan metode itu? Kenapa gak langsung aja belajar 2 jam? Gini deh pertanyaannya emang semua orang kuat belajar selama itu tanpa istirahat? Gak kan, kecuali kalau dikelas, itu pun kadang masih harus dipaksa dulu.

Dengan menerapkan metode seperti ini, focus yang kita gunakan untuk belajar mestinya lebih stabil, karena walau pun kita memforsir otak kita untuk belajar, namun kita juga memberi hak pada otak dan juga tubuh kita untuk beristirahat, dan setelah mulai belajar, hendaklah focus pada apa yang sedang di pelajari, bukan malah main.

Kebayangkan ya, sekarang bedanya kamu belajar dua jam penuh tanpa istirahat, yanga nantinya akan membuat otak bahkan tubuhmu kelelahan dan pastinya kamu juga bakalan bosen, karena ya yang kamu lakuin selama dua jam Cuma belajar.

Beda kalau kamu belajar 50 menit behenti 10 menit, otak akan tidak mudah cepat bosan dan lebih cenderung senang untuk melakukan hal tersebut secara berulang, karena kita akan merasa bahwa walaupun sebenarnya kita sedang memforsir diri kita untuk belajar tetapi kita juga tidak melupakan hak bagi otak dan tubuh kita untuk beristirahat. Buat yang penasaran sama perbedaan efektifitas hsail belajarnya silahkan dicoba

2. Membuat target belajar

Nah, ini penting banget nih buat dilakukan.

Kenapa? Karena dengan adanya target belajar, jika belum meyelesaikannya, kiya akan terus terpacu utnuk terus belajar, dan jika berhasil dilakukan, maka biasanya akan timbul kesenangan tersendiri pada diri karena merasa diri kita sudah melakukan apa yang direncanakan dan sesuai dengan hasilnya.

Tapi, dalam membuat target belajar jangan lah terlalu memaksakan diri, maksudnya jika memang sekiranya kita hanya mampu menyelesaikan 2 bab, ya targetkan dua bab, jangan lebih. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN