Mohon tunggu...
Syafira Qisty
Syafira Qisty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Be Multitalent

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Unilever dan Logo Uniknya

23 Juli 2021   06:55 Diperbarui: 23 Juli 2021   06:59 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Logo dalam suatu perusahaan adalah suatu elemen penting dalam mencangkup pemaknaan secara visual perlambangan tujuan apa yang akan perusahaan capai. Logo merupakan suatu gambaran atau dapat dikatakan sebagai pemaknaan secara tidak terucap yang akan sangat penting bagi suatu perusahaan dalam keberlangsungan usahanya. Dengan adanya logo, dapat mengukuhkan jati diti yang kuat dalam logo tersebut sehingga dapat menarik minat konsumen.

Unilever adalah suatu perusahan multinasional yang berkantor pusat di Belanda dan Inggris. Unilever adalah suatu perusahaan yang berfokus pada produksi makanan, minuman, pembersih dan perawatan tubuh. Dalam menjalankan usahanya, Unilever mempunyai sebuah logo yang unik dan terdapat makna implisit dan eksplisit. Logo Unilever dapat dikatakan sebagai logo yang unik dikarenakan dibalik logo sederhananya yaitu berlambang huruf "U", Logo Unilever juga terdapat elemen-elemen yang mengisi ruang dalam huruf "U" tersebut. Hal ini merupakan suatu hal yang dapat memberikan pencerahan kepada konsumennya tentang apa saja hal yang ingin Unilever berikan atau pelayanan apa yang akan Unilever berikan kepada para konsumennya.

Dikutip dari Blog Kioslambang, Logo Unilever didesain menggunakan elemen-elemen gambar yang mewakili suatu konsep produk-produk dari Unilever. Elemen-elemen tersebut membentuk sebuah huruf yaitu huruf "U". Logo Unilever didesain oleh agansi Lowe LDB Sri Lanka pada tahun 2004. Pemimpin Lowe LDB Lilamani Dias Benson mengatakan, selain berdasarkan konsep vitality, logo tersebut ingin menyimbolkan : "U" can make a difference.

Makna dari elemen-elemen kecil yang terdapat pada logo Unilever yaitu : Mangkuk melambangkan masakan yang mengandung selera, Cairan melambangkan air bersih dan kemurnian, hati melambangkan simbol cinta, perhatian/perawatan, dan Kesehatan, bibir melambangkan simbol dunia kecantikan, penampilan, yang menarik dan citarasa, matahari melambangkan simbol utama dari vitalitas, tangan melambangkan simbol sensitivitas, pemeliharaan dan kebutuhan, Bunga melambangkan wewangian, bumbu dan penyedap rasa melambangkan kandungan makanan yang segar, wadah penyimpanan melambangkan packaging, partikel melambangkan ilmu pengetahuan, es krim melambangkan kenikmatan, lebah melambangkan kerja keras, rambut melambangkan penampilan yang menarik, selai melambangkan penambah rasa, ikan melambangkan laut/air segar, pakaian melambangkan penampilan yang menarik, teh/tumbuhan melambangkan pertumbuhan, kilauan melambangkan bersih, Kesehatan, DNA melambangkan kehidupan dan simbol ilmu alam, pohon palem/kelapa melambangkan sumber alam, sendok melambangkan citarasa, ombak melambangkan tenaga, tanaman melambangkan kesegaran, daur ulang melambangkan komitmen Unilever dalam menjaga kelangsungan hidup lingkungan, burung melambangkan kebebasan. Dimana elemen-elemen tersebut menyusun sebuah huruf yakni "U'' sebagai inisial perusahaan.

Itulah makna yang terkandung dalam logo Unilever, Logo Unilever sangat unik dan mempunyai makna yang mendalam. Logo Unilever tersebut menunjukkan bahwa Unilever selalu ingin berkomitmen serta selalu ingin memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para konsumennya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun