Mohon tunggu...
Haidar Syafiqil
Haidar Syafiqil Mohon Tunggu... #00353

"you only live once", kalo bukan sekarang saatnya mencoba,kapan lagi?

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Dampak Kebijakan Work From Home

26 Maret 2020   18:00 Diperbarui: 26 Maret 2020   18:15 78 0 0 Mohon Tunggu...

Sejak beberapa bulan yang lalu, bumi kita tercinta ini dihadapkan dengan suatu permasalahan yang bisa dibilang menggemparkan seluruh dunia, yaitu adanya virus corona. Berawal dari kota wuhan yang dianggap sebagai tempat pertama kali munculnya virus ini, tepatnya disuatu pasar hewan karena dikabarkan virus tersebut berasal dari hewan kelelawar. Seiring berjalannya waktu virus ini malah menyebar hingga di berbagai negara di belahan dunia.

Awalnya di Indonesia masih belum ada warga yang terjangkit, padahal kebanyakan negara tetangga sudah melaporkan bahwa masyarakatnya sudah ada yang terkena corona. Hingga suatu saat pada tanggal 02 Maret 2020 ada 2 warga yang berasal dari depok positif terkena corona. Usut punya usut ternyata warga tersebut adalah ibu dan anak yang tertular di Jakarta oleh pendatang asal Jepang.

Banyak dampak yang terjadi karena masuknya virus corona ke Indonesia, salah satunya adalah work from home dimana masyarakat dihimbau untuk melakukan semua kegiatannya dirumah. Mulai dari belajar, ibadah, bekerja, dll. Kebijakan ini mungkin tidak terlalu berpengaruh kepada orang yang sudah biasa bekerja dirumah seperti youtuber, penulis, dll. 

Tetapi ini berpengaruh kepada orang-orang yang pekerjaannya di lapangan seperti misalnya pedagang di pasar, mereka harus rela untuk mencari jalan lain untuk menafkahi keluarganya di rumah. Akan tetapi walaupun begitu banyak orang yang memanfaatkan kebijakan ini untuk hal yang lebih produktif.

Akhir-akhir ini banyak bermunculan kreasi-kreasi yang dibuat oleh masyarakat Indonesia di rumah yang menurut saya kreatif terutama kalangan pelajar yang diliburkan untuk belajar via online. Ketika biasanya setelah pulang sekolah pasti keluar rumah yang tidak selalu melakukan hal yang bermanfat, sekarang untuk mengisi kekosongannya dan tidak bisa keluar rumah banyak dari mereka yang melakukan hal yang positif. Hal-hal positif tersebut antara lain:

1. Membuat cover lagu.

Dengan adanya musibah yang terjadi, remaja yang memiliki suara yang bagus rata-rata memanfaatkan waktunya untuk menyalurkan kelebihannya dengan membuat cover lagu dari penyanyi-penyanyi ternama. Cover lagu tersebut disebarkan baik melalui media sosial maupun akun youtube. Selain untuk memanfaatkan waktu, mengunggah karya melalui akun youtube juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Membuat video tutorial

Video tutorial ini banyak macamnya, bagi perempuan biasanya membuat tutorial berhijab, memakai make up, memasak, dan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan perempuan di rumah. Bagi laki-laki biasanya seperti tutorial berolahraga statis/ditempat, bermain game, editor, dan masih banyak lainnya.

3. Menulis

Menulis adalah suatu hal yang bisa dibilang mudah tapi juga bisa diblang susah. Dibilang mudah karena mungkin waktu dan tempatnya yang fleksibel, tidak mengeluarkan tenaga banyak atau bahkan bisa dilakukan sambil tiduran. Dan orang yang bilang bahwa menulis itu susah biasanya adalah orang-orang yang tidak betah berdiam diri di suatu tempat atau bisa jadi orang yang tidak bisa menuangkan sesuatu hal kedalam kata-kata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x