Mohon tunggu...
Haidar Syafiqil
Haidar Syafiqil Mohon Tunggu... #00353

"you only live once", kalo bukan sekarang saatnya mencoba,kapan lagi?

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

All About Mangrove

26 Maret 2020   16:00 Diperbarui: 26 Maret 2020   16:05 18 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
All About Mangrove
halojambi.id

HUTAN MANGROVE adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di daerah-daerah dimana terjadi perlumpuran dan akumulasi bahan organik. Hutan mangrove menyebar luas di bagian yang cukup panas dunia, terutama di daerah khatulistiwa. Indonesia memiliki mangrove seluas 2,5 hingga 4,5 juta hektar atau 25 persen dari total luas mangrove di dunia sehingga menjadi hutan mangrove terluas di dunia.

Banyak orang mengira bahwa mangrove juga biasa disebut bakau, tetapi pada kenyataannya itu tidak benar. Sebenarnya bakau adalah salah satu dari jenis mangrove yang ada, hanya karena kebanyakan yang ditanam untuk melindungi garis pantai dari abrasi adalah jenis bakau maka masyarakat sering menyebutnya hutan bakau bukan hutan mangrove.

Mangrove memiliki manfaat sesuai jenisnya .Seperti jenis bakau selain berfungsi melindungi garis pantai, biji yang terdapat pada jenis bakau bisa diolah menjadi tinta yang bisa digunakan untuk membuat kerajinan batik tulis. Kemudian jenis pidada yang bisa diolah menjadi dodol, sirup, keripik, dll. Lalu ada juga jenis jeruju yang bisa diolah menjadi teh. Dan untuk para pecinta kopi juga bisa membuatnya dari mangrove berjenis birayo.

Dari segi ekonomi, hutan mangrove juga berfungsi menghasilkan beberapa jenis kayu yang berkualitas baik. Hutan mangrove juga bisa menjadi habitat para satwa seperti biawak air, kepiting bakau, udang lumpur, dan siput bakau yang semuanya bisa membuat para nelayan mendapat penghasilan tambahan dari hewan tersebut. Selain itu mangrove juga dapat menjadi tempat pembesaran banyak jenis ikan laut .

VIDEO PILIHAN