Mohon tunggu...
Syafiqah andryana
Syafiqah andryana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Apa Saja yang Terdapat di Neurotransmitter

28 Februari 2021   19:29 Diperbarui: 28 Februari 2021   19:48 83 2 0 Mohon Tunggu...

Haii teman-teman saya akan membahas apa saja yang terdapat di Neurotransmitter yukk simak

Neurotransmitter adalah senyawa kimiawi yang terdapat didalam tubuh yang betugas untuk menyampaikan pesen antara satu sel saraf atau neuron ke sel terget. 

Neurotransmitter memegang peran yang sangat penting untuk otak untuk mengatur kinerja berbagai sistem tubuh.
Berbicara tentang neurotransmitter, tidak pernak terlepas bicara tentang otak. Otak kita diperkirakan terdiri dari 100 miliar neuron atau sel saraf. sebanyak miliaran sel saraf yang saling berkomunikasi satu sama lian untuk menghasilkan respons dan tindakan fisik. 

Ketika salah satu neuron menerima berbagai informasi yang datang, mengolah, dan mengintepretasikannya, neurotranmiter yang terbungkus dalam celah sinaps akan keluar, untuk mengirim informasi ke neuron-neuron lainnya. Bahan dasar yang pembentukan neurotransmitter adalah asam amino yang menjalankan perannya, neurotranmiter punya pembagian tugas.

Beberapa neurotransmitter yang terkenal sebagai berikut:

1.Serotonin
Serotonin yaitu yang berperan untuk mengatur suasana hati seseorang. Selain itu, serotonin juga mengatur pembekuan darah, nafsu makan, aktivitas tidur, serta ritme sirkadian.

Serotonin erat kaitannya dengan antidepresen untuk penangan depresi. Salah satu golongan antidepresan, selective serotonin reuptake inhibitors, yang dapat meredakan gejala depresi dengan meningkatkan kadar serotonin di otak.

2.Dopamin
Dopamin memainkan peran penting unuk daya ingat, perilaku, dan mempelajari sesuatu, sehingga koordinasi gerak tubuh. Neurotransmitter mempunyai fungsi untuk pergerakan otot.

Apabila tubuh kekurangan dopamine, risiko penyakit parkinso pun dapat terjadi dan dapat menjaga kadar dopamine dengan berolahraga secara teratur.

3.Asetilkolin
Asetikon adalah neurotransmitter yang berperan dalam kontraksi otot, dan untuk merangsang aktivitas beberapa hormone, serta untuk mengendalikan detak jantung. Neurotransmitter berkontribusi untuk fungsi otak dan daya ingat. Asetilkolin adalah salah satu contoh neurotransmitter eksitas. Sedangkan kadar asetilkolin yang rendah telah dikaitkan dengan berbagai macam gangguan medis, contohnya Alzheimer.

4.Norepinefrin
Neropinefrin merupakan obat yang untuk menangani tekanan darah rendah parah yang bisa mengacam nyawa. Norepinefrin adalah obat yang berbentuk dengan adrenalin. Berkerja dengan bisa menyempitkan pembuluh darah dan bisa meningkatkan darah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x