Lingkungan

22 Rumah di Gunung Agung Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

9 Oktober 2018   17:13 Diperbarui: 9 Oktober 2018   17:36 467 0 0
22 Rumah di Gunung Agung Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Dokpri

MUARA ENIM -- Penduduk Desa Gunung Agung, Kecamatan Semendo Darat Tengah, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, yang sedang berada kebon dan ladang Selasa pagi, 9 Oktober 2018, berhamburan kembali ke desanya, setelah tersiar kabar terjadi kebakaran di desa mereka.

Penduduk bahu-membahu dibantu sebuah mobil pemadam kebakaran yang ditangkan dari Muara Enim, ibukota Kabupaten itu, baru berhasil memadamkan kobaran api 2 jam sejak kebakaran terjadi pukul 09 pagi.

Calon anggota DPRD Kabupaten Muara Enim dari daerah pemilihan Kecamatan Semendo, Lili Hartati yang berada dilokasi kebakaran dalam percakapan telepon mengatakan, belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran. Namun kobaran api telah menghanguskan 22 rumah penduduk.

Sedangkan kerugian akibat ke 22 rumah terbakar, termasuk harta benda pemiliknya, ia memperkirakan mencapai Rp. 1 miliar.

Dokpri
Dokpri
Dari cerita penduduk setempat, sumber api berasal dari rumah Tw sekitar pukul 09.00 wib, namun Tw yang baru tiba dari sekolahnya setelah mendapat kabar terjadi kebakaran itu tidak mengetahui sumber api termasuk penyebabnya.

Ia hanya melihat rumah dan rumah tetangganya sudah dilalap api dan bersama penuduk lainnya ikut berusaha memadamkan kobaran api yang berkecamuk merambat ke rumah lainnya, akibat tiupan angin.

Menurut Lili Hartati, dari peristiwa kebakaran ini dan kebakaran didaerah lain, maka sudah seajarnya Pemerintah Kabupaten memikirkan untuk menyiapkan mobil pemadam kebakaran di ibukota Kecamatan.

Dengan demikian, apabila terjadi kebakaran seperti ini, tindakan pemadaman kobaran api akan lebih cepat, sehingga kerugian harta benda penduduk dapat dihindari.