Mohon tunggu...
Swilling Abhar
Swilling Abhar Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan IPS KKN-DR Kelompok 134

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perubahan Kehidupan Sosial Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

12 Agustus 2020   22:46 Diperbarui: 12 Agustus 2020   22:53 82 0 0 Mohon Tunggu...

Maraknya penyebaran virus corona COVID-19 telah menyebabkan terjadinya perubahan sosial di tengah-tengah masyarakat. Perubahan kehidupan sosial masyarakat yang dikarenakan adanya pandemic COVID-19 ini membuat unsur-unsur yang didalamnya berubah seperti pada perubahan sosial budaya, pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan sarana prasarana.

1. Sosial Budaya
Menurut Andreas Eppink, sosial budaya atau kebudayaan adalah segala sesuatu atau tata nilai yang berlaku dalam sebuah masyarakat yang ciri khas dari masyarakat tersebut. Sosial budaya atau kebudayaan ini seperti gotong royong, pesta adat, dan lain-lain. 

Namun dikarenakan pandemic COVID-19 membuat masyarakat membatasi interaksi mereka dengan berada dirumah saja, pandemic COVID-19 membuat masyarakat hilangnya kepercayaan dan timbulnya rasa curiga serta toleransi terhadap satu sama lain. Dan hal ini membuat sosial berubah seperti tidak adanya kegiatan bergotong royong ataupun kegiatan lainnya.

2. Pendidikan
Menurut Undang-undang No 20 Tahun 2003 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 

Namun untuk tetap menjalankan kegiatan belajar mengajar dimasa pandemic pemerintah berupaya untuk mengadakan pembelajaran secara daring atau sistem online demi terjalannya pembelajaran. Pendidik dan peserta didik dituntut untuk lebih memahami teknologi, makadari itu pendidik juga harus bisa memanajemenkan kegiatan belajar mengajar di masa pandemic ini.

3.Kesehatan
Gangguan kesehatan mental yang terjadi selama pandemic dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti ketakutan terhadap wabah, rasa terasing selama menjalani karantina, kesedihan dan kesepian karena jauh dari keluarga atau orang yang dikasihi, kecemasan akan kebutuhan hidup sehari-hari ditambah lagi kebingungan akibat informasi yang beredar. Dampak dimasa pandemic ini juga membuat petugas kesehatan yang gugur dalam bertugas, meningkatnya angka kematian dan kekurangan alat kesehatan seperti masker, dan alam pelindung diri lainnya.

4.Ekonomi
Pandemic COVID-19 menimbulkan dampak kepada semua sector lantaran krisis ini menyangkut kesehatan manusia bahkan akibat pembatasan aktivitas manusia maka pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2020 diperidiksi negative. Kontraksi ekonomi akan memberikan dampak negative pada ekonomi karena pendapatan masyarakat berkurang. Dan akan menimbulkan tingkat kemiskinan yang di sebabkan karena hilangnya pekerjaan dan banyak perusahaan atau pabrik yang memotong pendapatan karyawannya bhakan ada beberapa yang di PHK.

5.Politik
Dalam menanggapi masalah penanganan COVID-19 menyebabkan sekutirisasi sector politik sehingga menimbulkan ancaman bagi pemerintah daerah setempat, hal ini disebabkan karena masyarakatnya menginginkan adanya rasa aman dan terhindar dari COVID-19.

6.Sarana prasarana
Masa pandemic COVID-19 yang membuat aktivitas masyarakat dibatasi membuat sejumlah sarana prasarana yang awalnya beroperasi normal menjadi tidak beroperasi tidak normal. Seperti sarana prasarana rumah sakit,sejumlah rumah sakit daerah kekurangan ruang/tempat untuk pasien yang terdampak COVID-19 dan juga kekurangan alat kesehatan seperti masker dan alat pelindung diri lainnya. Dan gedung sekolah, pembelajaran daring atau sistem online membuat gedung sekolah tidak ditempati.

Jangan anggap remeh dengan COVID-19, kita bisa lawan pandemic ini bersama. Dan kita juga hendak mengikuti kebijakan pemerintah, mengikuti protocol kesehatan demi mengurangi rantai penularan COVID-19.

VIDEO PILIHAN