Mohon tunggu...
FocusIELTS
FocusIELTS Mohon Tunggu... Guru - IELTS Preparation Online Privat dengan hasil 7.0 - 8.5

Membantu Persiapan IELTS dengan target 7.0 keatas untuk persiapan kuliah di luar negeri. Achieve your target at the FIRST ATTEMPT. Do not let IELTS become your weakness, instead let it be your ticket to future success. Kelas Privat dengan Tutor Lulusan Master of TESOL , Master of Education dari Australia , UK, USA , tutor lokal memilki band 7.5 keatas dengan pengalaman 5 tahu lebih. IELTS tidak sesulit yang Anda bayangkan!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Menulis Essay untuk Mendaftar Beasiswa LPDP

27 September 2022   15:21 Diperbarui: 27 September 2022   15:27 261 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Siapa dari kalian yang ingin mendaftar LPDP? Sebelum mendaftar, kalian perlu tahu beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar tidak terkendala dalam administrasinya. Sangat banyak hal yang perlu disiapkan dan ini harus dimulai jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru saat pendaftaran. 

Salah satu persyaratan administrasi yang menyita banyak waktu adalah penulisan esai. Dalam persyaratan LPDP tahun 2022, kita hanya diminta untuk menulis satu esai yang berkisar 1500-2000 kata dengan tema "Komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia. Kebanyakan orang sudah memiliki gambaran tentang konten dalam esai tersebut namun masih bingung terkait organisasi informasi dalam esainya. Selain itu, banyak orang yang beranggapan bahwa esai ini harus dituliskan dalam Bahasa Inggris. 

LPDP tidak mewajibkan pelamar beasiswa untuk menuliskan dalam Bahasa Inggris namun saran saya, jika kalian berencana untuk mendaftar program beasiswa luar negeri, sebaiknya menulis dalam Bahasa Inggris karena hal tersebut akan menunjukkan kemampuan penulisan akademik kalian. Oleh karena itu, di sini kita akan membahas struktur dan cara penulisan esai ini agar kalian lebih bisa memahami dengan membeda sebuah contoh. 

Struktur esai:

  1. Paragraph 1: memperkenalkan diri dengan menjelaskan background pendidikan dan/atau pekerjaan. Kalian juga menyertakan penghargaan atau sertifikasi yang kalian peroleh yang menunjang pekerjaan atau keahlian kalian.

  2. Paragraph 2: kenalkan sebuah permasalahan yang muncul di bidang kalian yang kalian observasi atau alami. Kemudian di paragraph ini juga, kalian bisa memberikan sebuah atau beberapa solusi untuk membantu mengurangi permasalahan tersebut.

  3. Paragraph 3: di paragraph ini kalian perlu menjelaskan seberapa pentingnya kalian harus menempuh pendidikan S2 atau S3 untuk membantu kalian dalam menangani masalah yang kalian sebutkan di paragraph sebelumnya.

  4. Paragraph 4: di paragraph ini, kalian perlu menekankan kembali peran yang kalian akan ambil dalam memberikan solusi atau kontribusi terkait dengan masalah yang kalian angkat di paragraph 2 dan 3. Juga tekankan kembali butuhnya pendidikan S2 atau S3 untuk memaksimalkan peran tersebut.

Contoh esai:

Contoh dalam esai ini adalah untuk jenjang S3 di bidang bahasa. Jadi bisa disesuaikan jika kalian ingin mendaftar untuk S2 dan/atau bidang ilmu lainnya.

Paragraph 1:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan