Mohon tunggu...
Suyito Basuki
Suyito Basuki Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Menulis untuk pengembangan diri dan advokasi

Pemulung berita yang suka mendaur ulang sehingga lebih bermakna

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Satu Lagi AU, Beralih ke Centang Biru

2 Juli 2022   07:10 Diperbarui: 2 Juli 2022   07:13 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menulis dan menulis (Sumber Foto: yoursay.suara.com)

Satu Lagi AU, Beralih ke Centang Biru

Oleh: Suyito Basuki

Sekitar pertengahan Juni 2022 yang baru lalu, saya mendapat notifikasi dari admin kompasiana, supaya menambah lagi 5 artikel headline atau artikel utama (AU) untuk mendapatkan status centang biru.  Jika seorang kompasianer mendapatkan centang biru, maka menurut penjelasan admin maka akun kompasianer tersebut sudah terverifikasi.  Terverifikasi ini berdasar karya tulisan yang dibuat, bukan berdasar catatan administrasi lengkap seorang kompasianer.

Sampai sejauh ini saya memang masih status centang hijau.  Centang hijau ini menandakan akun baru tervalidasi.  Kalau ngga salah nih, akun tervalidasi ini berdasarkan catatan administrasi yang dinilai lengkap, sesuai dengan permintaan admin kompasiana.  Jika belum lengkap data-data kompanianer, maka dia belum mendapat centang hijau, masih polosan.

Kisah Menulis di Kompasiana

Saya sebenarnya sudah mengenal blog kompasiana dan membaca beberapa artikel di kompasiana sejak sebelum tahun 2010.  Saat itu ada seorang rekan, penulis produktif yang kerapkali menulis di kompasiana dan memposting itu di media sosial.  Tulisannya bagus dengan tema-tema yang menarik, karena latar belakangnya sebagai seorang redaksi di sebuah majalah rohani populer.  Tetapi entah, sekarang kenapa dia tidak menulis lagi di kompasiana.

Bulan November 2021 yang baru lalu, saya membaca kompas.com dan saat mengetahui ada semacam webinar kompasiana, saya mendaftar dan mengikutinya.  Kalau tidak salah, kompasianer senior, Kang Bugi Sumirat bekerja sama dengan pihak admin kompasiana sebagai penyelenggara acara itu.  Tertarik dengan percakapan yang ada, kemudian saya membuat akun.  Kemudian saya juga mengikuti grup WA para peserta webinar tersebut.

Mungkin hampir 3 minggu, akun itu pasif, maksudnya saya tidak menulis di kompasiana.  Mungkin saat itu belum merasa 'mood' untuk memulai penulisan.  Baru mungkin di awal minggu kedua bulan Desember 2001 saya mulai menulis di kompasiana.  Saya berketetapan menulis setiap hari.  Artikel-artikel lama saya, saya upload sebagai awal-awal tulisan, sembari saya memikirkan tulisan-tulisan yang bersifat kekinian.

Saat itu saya seperti seorang petualang yang memasuki rimba raya, hutan yang lebat seorang diri.  Pada awalnya memang grup WA para peserta webinar ini sangat membantu.  Misal, saya tidak tahu kalau tulisan bisa langsung ditayangkan, oleh karena itu saya memilih tulisan dijadwalkan untuk tayang.  Di group WA tersebut ada seorang anggota yang bertanya, kenapa tidak langsung tayang saja?  Saya harus berterima kasih dengan pertanyaan itu, karena setelah itu, saya langsung upload setiap artikel yang saya buat.

Pernah Tulisan Dicancel

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun