Mohon tunggu...
Suwandi Aris Wibowo
Suwandi Aris Wibowo Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Pojok Pekalongan

Menulis adalah jalan ninjaku

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

7 Nostalgia Sekolah Sebelum Corona

19 Juli 2021   11:58 Diperbarui: 19 Juli 2021   14:07 106 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Nostalgia Sekolah Sebelum Corona
Sumber Gambar: Markus Spiske/Pexels

Pandemi Covid-19 memang sangat dasyat pengaruhnya bagi kehidupan. Sekolah dan siswa merupakan satu dari sekian  banyak pihak yang kena dampak. Pada era ini, aktivitas pembelajaran berubah karena corona 'mudun' bahkan kini sudah berulang tahun serta berumur lebih dari setahun. Pada akhirnya, kita mengenal istilah baru yang disebut 'PJJ' alias pembelajaran jarah jauh.

Sambil duduk dan menikmati segelas kopi, saya mengingat cerita lama saat dulu SMA.

'Memang sih, PJJ lebih hemat bensin atau uang jajan".

Celetukan macam itu memang biasa kita dengar berulang kali. Namun mau seperti apapun, belajar tatap muka memang lebih mengesankan. Tak bermaksud membandingkan karena PJJ memang kebutuhan demi keselamatan.

Ada tujuh hal yang bisa jadi kita rindukan saat sekolah sebelum corona, 'Mari Nostalgia bareng saya'.

1. Jam Kosong

Sadar atau tidak sadar, jam kosong pernah menghiasi hidup kita untuk sesaat. Jam kosong bisa saja tercipta kalau guru pengajar sedang izin karena tugas/urusan dadakan. Para siswa duduk berjejer di depan pintu menanti 'kejadian yang tak dinginkan' yakni tugas titipan. Beragam versinya, ada yang langsung mengerjakan, menunggu waktu mepet deadline atau hanya sekedar 'garap' asal-asalan, "hehe".

Jam kosong menjadi waktu luang untuk para siswa melepas lelah. Ada yang rebahan dengan menata bangku. Ada yang memilih mendongeng dan menuai topik obrolan bersama teman. Ada pula yang menghabiskan bacaan koran gratis di perpustakan. Tak jarang juga para siswa memanfaatkan wifi gratis buat unduh beberapa film dan materi pelajaran.

2. Rebutan Bangku

Pertama masuk sekolah adalah moment berangkat pagi paling dinanti oleh siswa. Rebutan bangku adalah kebiasaan yang membius di ingatan kita. Selain bisa memilih partner sebangku, posisi bangku yang pas membuat berbagai aktivitas jadi inpas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x