Mohon tunggu...
Sutomo Paguci
Sutomo Paguci Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat

Advokat, berdomisili di Kota Padang, Sumatera Barat | Hobi mendaki gunung | E-mail: sutomo1975@yahoo.co.id | Wajib izin untuk setiap copy atau penayangan ulang artikel saya di blog atau web portal |

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Panduan Mendaki Gunung Kerinci, Apakah Wajib Pakai Pemandu?

10 September 2022   20:05 Diperbarui: 15 September 2022   17:18 814 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mendaki gunung Kerinci (Dokumentasi Pribadi)

Tulisan ini akan menjawab secara tuntas pertanyaan apakah mendaki gunung Kerinci wajib atau tidak pakai pemandu (guide).

Sekalangan orang, khususnya pendaki, sering mempertayakan kebolehan mendaki gunung Kerinci tanpa pemandu ketika membaca tulisan saya seputar pendakian secara sendirian atau solo ke gunung Kerinci.

Pertanyaan serupa juga sering disampaikan di kolom komentar video dokumentasi di akun YouTube saya di sini. Hal mana karena saya sering mendaki gunung Kerinci sendirian. Tanpa pemandu.

Apakah mendaki gunung Kerinci wajib pakai Pemandu? Kalau tidak menyewa pemandu tidak boleh mendaki? Jawabannya: tidak wajib.

Setidaknya itulah pengalaman saya 17 kali mendaki gunung api paling tinggi di Indonesia ini. 

Memang pernah diberitakan media soal kewajiban pakai pemandu. Juga tersebut di papan pengumuman di depan Posko R10 gunung Kerinci jalur Kersik Tuo.

Dalam kenyataannya tentu saja "kewajiban" tersebut lebih ke "anjuran". Tidak sklek atau kaku. Bukan berarti kalau tidak menyewa pemandu dilarang mendaki gunung Kerinci.

Sampai di tugu Yudha (Dokumentasi Pribadi)
Sampai di tugu Yudha (Dokumentasi Pribadi)

Mendaki pakai pemandu dan porter pada intinya soal risiko dan kenyamanan sendiri. 

Karena itu para pendaki "backpacker" atau dengan anggaran pas-pasan tak perlu ragu bila mau mendaki gunung Kerinci seorang diri atau berkelompok tanpa menyewa pemandu. Berangkat saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan