Mohon tunggu...
SUTOMO PAGUCI
SUTOMO PAGUCI Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat

Hukum | Outdoor | sutomo1975@yahoo.co.id | Wajib izin untuk setiap copy atau penayangan ulang artikel saya di blog atau web portal |

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Tips Teknik Berjalan Mendaki dan Turun Gunung

1 Agustus 2021   19:07 Diperbarui: 2 Agustus 2021   20:00 815 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tips Teknik Berjalan Mendaki dan Turun Gunung
Ilustrasi rombongan pendaki gunung. Sumber: Pixabay.com/aatlas

Berjalan kaki memang tampak sebagai aktivitas yang sangat sederhana. Akan tetapi ada teknik atau cara berjalan yang benar, tak terkecuali saat mendaki dan turun gunung.

Tujuan penerapan teknik berjalan demikian adalah untuk menghemat tenaga, menghindari cedera, dan kenyamanan saat berjalan atau trekking.

Ulasan berikut ini berasal dari uji coba atau pengalaman pribadi penulis sebagai pendaki gunung. Ditambah inspirasi beragam trik berjalan yang diberikan oleh para praktisi dan pakar dari berbagai sumber.

Pemanasan

Pemanasan: diperlukan agar otot "panas" supaya siap diajak kerja keras seperti halnya pemanasan mesin mobil sebelum diajak berjalan.

Otot yang masih dingin langsung diajak berjalan mendaki gunung akan rawan mengakibatkan cedera, kram, pernafasan berat, mudah terengah-engah, dan pada akhirnya akan menguras tenaga yang tidak perlu.

Terlebih dahulu panaskan dan lemaskan semua otot yang terlibat dalam aktivitas pendakian gunung, mulai dari telapak kaki, jari kaki, persendian kaki, otot betis, otot paha, otot dan sendi pada pinggang, otot punggung, leher, dan kedua belah tangan.

Setelah itu lompat-lompat untuk merangsang kinerja jantung dan otot kaki secara bersamaan. Jadi, bukan otot kaki saja yang perlu di panaskan, jantung juga.

Pemberian balsem atau krim otot membantu pemanasan dan pelemasan otot. Oleskan krim otot ke bagian betis dan paha sebelum pemanasan.

Pastikan setelah pemanasan langsung berjalan. Jangan istirahat lagi sehingga otot kembali dingin.

Ilustrasi cara berjalan mendaki gunung (sumber: sportlife.com.br)
Ilustrasi cara berjalan mendaki gunung (sumber: sportlife.com.br)

Saat mendaki

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan