Mohon tunggu...
SUTOMO PAGUCI
SUTOMO PAGUCI Mohon Tunggu... Advokat

Advokat | Independent Hiker | 🌐 Padang, Sumatera Barat, Indonesia | sutomo1975@yahoo.co.id | Wajib izin untuk setiap penayangan ulang atau copy paste sebagian atau seluruh tulisan saya.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menikmati Keindahan Gunung Talang via Jalur Bukik Bulek

26 Januari 2021   20:21 Diperbarui: 11 Februari 2021   17:41 618 8 1 Mohon Tunggu...

Kali ini saya solo hiking ke gunung Talang via jalur Bukik Bulek. Ini adalah jalur tercepat pendakian gunung Talang, Solok, Sumatera Barat.

Hari Sabtu (23/01/2021) pagi mendung bergelayut di atas danau Bawah. Tak jauh dari danau ini berdiri Pos 1 pendakian gunung Talang jalur Bukik Bulek. Alif, penjaga posko, menyambut saya dengan ramah.

Dari Pos 1, permukaan danau Bawah terlihat berkilau biru dengan gradasi silver akibat pantulan langit mendung di atasnya.

Panorama sudut danau Bawah dilihat dari Pos 1 (dokpri)
Panorama sudut danau Bawah dilihat dari Pos 1 (dokpri)
Untuk mencapai jalur ini dari arah Padang, berkendaralah dengan tujuan Danau Kembar, Alahan Panjang, Solok, Sumatera Barat. Sesampai di simpang Polsek Danau Kembar, ambil jalur belok ke kiri, ke arah danau Bawah. 

Berkendara sekitar 1/2 jam dari Simpang Polsek Danau Kembar ke arah danau Bawah, Anda akan ketemu persimpangan menanjak dengan papan rambu di kiri-kanan jalan, seperti nampak di foto di bawah ini.

Rambu di simpang kiri jalan menuju pos 1 (dokpri)
Rambu di simpang kiri jalan menuju pos 1 (dokpri)
Pos 1 sendiri berupa bangunan beratap seng berdinding papan yang bagian depannya ditempeli spanduk berisikan peraturan pendakian dan nomor kontak personil penjaga posko. 

Di sekitar pos 1 tidak tersedia area memadai untuk mendirikan tenda. Ada sedikit area di bagian depan dan samping posko yang biasa digunakan untuk parkir kendaraan roda dua dan empat. Sekitar tiga kendaraan roda empat bisa parkir di depan posko ini.

P O S   1

Pos 1 (posko lapor) nampak depan (dokpri)
Pos 1 (posko lapor) nampak depan (dokpri)
Peraturan pendakian (dokpri)
Peraturan pendakian (dokpri)
Untuk mencapai Pos 2 dari Pos 1 dengan cara jalan kaki sekitar 45 menit atau naik motor sekitar 10 menit. Hanya motor moda kendaraan yang bisa lewat karena sebagian besar berupa jalan setapak. 

Di Pos 2 ada pondok untuk tempat istirahat para pendaki. Di depan pos ada camping ground untuk area mendirikan tenda bagi para pendaki yang hendak bermalam di sini sebelum melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x