Mohon tunggu...
Sutomo Paguci
Sutomo Paguci Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat

Advokat, berdomisili di Kota Padang, Sumatera Barat | Hobi mendaki gunung | Wajib izin untuk setiap copy atau penayangan ulang artikel saya di blog atau web portal | Video dokumentasi petualangan saya di sini https://www.youtube.com/@sutomopaguci

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Terpukau Golden Sunrise Unik di Puncak Gunung Tandikat

8 Juli 2020   10:00 Diperbarui: 8 Juli 2020   10:08 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Golden sunrise unik dilihat dari puncak gunung Tandikat (dokpri)

Namanya di puncak gunung, adalah hal biasa menyaksikan sunrise. Tapi baru kali ini saya menyaksikan golden sunrise super duper unik. Benar-benar rezeki anak saleh.

Kebetulan di puncak tertinggi (top) gunung Tandikat, pagi itu, hanya ada satu buah tenda, yaitu tenda saya. Dan di sinilah saya menikmati golden sunrise langka tersebut. Seorang diri.

Memang sudah jadi kebiasaan umumnya pendaki, termasuk saya, keluar dari tenda menjelang sunrise terbit. Menikmati sunrise salah satu aktivitas favorit bagi para pendaki.

Menikmati momen langka hanya terjadi beberapa menit (dokpri)
Menikmati momen langka hanya terjadi beberapa menit (dokpri)
Pagi itu, sekitar pukul 06.15 saya keluar dari tenda. Tak berapa lama muncul tanda-tanda munculnya golden sunrise berbentuk kipas. Buru-buru saya abadikan momen langka ini dengan kamera telepon genggam.

Secara perlahan sisi teratas Matahari muncul di atas horizon Timur. Di atas lautan awan. Cahaya keemasan itu berbentuk lembaran-lembaran mirip kipas melesat ke langit.

Cuaca pagi nampak cerah. Udara terasa dingin, layaknya di gunung. Di samping tenda, di atas sebuah tunggul pohon, saya nangkring menikmati keindahan paripurna tersebut.

Hanya satu tenda saya di puncak gunung Tandikat kali ini (dokpri)
Hanya satu tenda saya di puncak gunung Tandikat kali ini (dokpri)
Suasana pagi begitu damai. Tenang. Angin pun hanya berhembus tipis.

Sunrise langka begini hanya berlangsung beberapa menit. Karena itu setiap detik terasa begitu berharga. Terasa begitu spesial. Makin spesial dengan secangkir kopi hangat.

Gunung selalu memberi kejutan tak terduga. Contohnya kali ini. Walau sudah berkali-kali saya mendaki gunung Tandikat, selalu ada hal baru dan unik terjadi di sini.

Titik awal pendakian gunung Tandikat berada di jorong Gantiang, Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, sekitar 7 km dari persimpangan lampu merah kota Padang Panjang, ke arah Lubuk Mata Kucing.(*)

Baca juga: Lebih Dekat dengan Gunung Tandikat


Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun