Mohon tunggu...
SUTOMO PAGUCI
SUTOMO PAGUCI Mohon Tunggu... Advokat

Advokat | Petualang | Tinggal di Padang, Sumatera Barat | Menulis sebagai rekreasi | sutomo1975@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Aksi Pencurian di Gunung Makin Meresahkan

18 Agustus 2019   16:28 Diperbarui: 19 Agustus 2019   14:06 0 15 7 Mohon Tunggu...
Aksi Pencurian di Gunung Makin Meresahkan
Suasana Sabtu pagi 17 Agustus 2019 di gunung Talang (Dok Pribadi)

Pendaki gunung baik semua. Itu jelas fitnah. Tidak semua pendaki gunung bertangan kreatif. Sebagian bertangan jahil. Persis gambaran masyarakat di bawah.

Matahari pagi baru saja muncul menyambut HUT RI ke-74 di basecamp cadas gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, 17 Agustus 2019. Tiba-tiba terdengar pengumuman Panitia dengan megaphone.

"Telah hilang sebuah hp merek ASUS. Harga hp itu Rp3 juta. Bagi siapa saja yang bersedia suka rela mengembalikannya akan kami ganti dengan uang Rp4,5 juta. Karena ada data pribadi di dalam hp tersebut," bunyi pengumuman itu.

Selang satu jam kemudian, hadiah "sayembara" hp hilang itu telah dinaikkan menjadi Rp5 juta. Namun sampai pukul 10 belum juga ada yang bersedia mengembalikannya.

Menjelang tengah hari, sekitar pukul 11, nilai hadiah sayembara hp hilang tersebut telah dinaikkan lagi menjadi Rp6 juta. "Kami mohon kebesaran hati untuk mengembalikan hp itu, karena ada file kantor di dalamnya," bunyi suara di megaphone berulang-ulang.

Sampai penulis turun sekitar pukul 11.15, hp hilang tersebut belum juga ditemukan. Akhirnya, Panitia HUT RI ke-74 di gunung Talang terpaksa merazia tas dan badan setiap pendaki yang hendak turun, persis di "pintu" masuk-keluar basecamp cadas.


Penulis juga pernah kehilangan barang seperti dialami pemilik hp ASUS yang malang itu. Juga di gunung Talang.

Tongkat Naturehike milik penulis hilang digondol maling di basecamp cadas gunung Talang, Sabtu malam 13 Juli 2019 lalu. Tongkat itu disandarkan di belakang tenda, pada sebuah pohon.

Beruntung berkat bantuan teman-teman pendaki, tongkat itu berhasil kembali dengan selamat.

Ada lagi cerita teman sesama pendaki yang kehilangan sepatu di R6 gunung Talang jalur Air Batumbuk. Padahal sepatu itu didapat dengan susah payah dengan berjualan hasil pertanian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3