Sutomo Paguci
Sutomo Paguci Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat

Advokat, berdomisili di Kota Padang, Sumatera Barat | Hobi mendaki gunung | Wajib izin untuk setiap copy atau penayangan ulang artikel saya di blog atau web portal | Video dokumentasi petualangan saya di sini https://www.youtube.com/@sutomopaguci

Sosbud Artikel Utama

5000-an Warga Rayakan HUT Ke-72 RI di Gunung Talang

18 Agustus 2017   08:47 Diperbarui: 21 Agustus 2017   19:13 2266

Berdasarkan data resmi pos pendaftaran pendakian gunung Talang, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, jalur Air Batumbuk, Kamis (17/8/2017), ada 5.054 warga yang merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di gunung Talang.

Jumlah pengunjung tersebut belum termasuk pendaki yang melalui jalur Bukit Sileh dan jalur ilegal. Sehingga diperkirakan ada sekitar 7.000 orang berada di gunung Talang pada waktu bersamaan pada momen 17 Agustus 2017 kali ini.

Total jumlah pengunjung gunung Talang tersebut, baik resmi maupun ilegal, di bawah perkiraan awal yaitu sekitar 8.000-10.000 orang. Hal ini faktor masih ekstrimnya cuaca gunung Talang seminggu terakhir.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI di gunung Talang tiap tahun merupakan kalender resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Solok. Kali ini dijadwalkan upacara bendera di camp ground Cadas Gunung Talang akan dihadiri Wakil Bupati Solok sekaligus bertindak sebagai pembina upacara.

Namun karena cuaca hujan lebat dan badai seminggu terakhir, perayaan HUT Kemerdekaan ke-72 RI oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Solok tersebut resmi dibatalkan, Rabu (16/8/2017). Akan tetapi pendakian gunung Talang untuk umum tetap dibuka seperti biasa.

Ternyata, cuaca pada hari Kamis (17/8/2017) secara umum cukup cerah dengan diwarnai hujan ringan sebentar setelah tengah hari. Tak heran ribuan pendaki dapat bersuka cita berakivitas di Cadas dan puncak gunung Talang. Inilah saat dimana gunung Talang persis pasar.

Dari pantauan penulis, padatnya pendaki di gunung Talang pada Rabu-Kamis (16-17/82017), baik yang naik maupun turun, mengakibatkan beberapa titik di trek pendaki mengalami macet dan padat merayap. Di trek sekitar 200 meter sebelum pintu rimba, Rabu (16/8/2017) malam, kemacetan nyaris tak bergerak mencapai 4 jam.

Karena pertimbangan macet itulah maka penulis dan keluarga memutuskan berkemah di base camp R6, Rabu sore-Kamis (16-17/8/2017). Baru pada Kamis (17/8/2017) pagi pukul 8.00 WIB kami memutuskan treking menuju puncak.

Jalur pendakian benar-benar becek parah, sangat licin, beberapa ruas bahkan seperti sawah. Belum lagi perjalanan lambat karena antrian pendaki yang padat merayap. Jadilah kami treking dari R6 menuju cadas menghabiskan waktu 4 jam dari normalnya sekitar 2-3 jam.

Kami sampai di camp ground Cadas sekitar pukul 12.00 WIB. Suasana Cadas masih nampak sangat ramai walaupun diperkirakan sudah ada separuh diantaranya sudah turun. Di lereng gunung menuju puncak terpampang bendera merah-putih ukuran raksasa yang dipasang pendaki.(*)