Mohon tunggu...
SUTOMO PAGUCI
SUTOMO PAGUCI Mohon Tunggu... Advokat

Advokat dan penghobi aktivitas luar ruang | sutomo1975@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Politik

Ciri Pemilih Prabowo yang Cerdas!

28 Juli 2015   06:14 Diperbarui: 28 Juli 2015   06:14 1169 9 14 Mohon Tunggu...

Ia tidak terus menerus menulis status media sosial dll yang melulu nyinyir; semua yang dilakukan Jokowi dan pemerintah sebagai negatif. Sebab jika ia melakukan itu maka ia kelihatan tolol: belum menerima kekalahan, belum move on, masih dendam.

Sesekali saja menyorot negatif dalam bentuk kritik argumentatif tentu bukan soal. Dan ini biasanya dapat diterima oleh siapapun, termasuk pemilih Jokowi-JK. Saya kenal cukup banyak pemilih Prabowo-Hatta yang cerdas begini.

Dari semua pemilih Prabowo-Hatta yang tercerdas tentu saja Prabowo-Hatta sendiri. Keduanya sudah mengakui kekalahan dan secara terbuka menyatakan mendukung program pemerintah yang baik.

Sudah barang tentu bukan kelas Prabowo-Hatta terlihat tolol. Paling hanya di awal-awal pengumuman KPU, saja, Prabowo nampak belum menerima kekalahan. Setelah semua jalan tertutup maka ia dengan cepat bangkit. Tidak pernah Prabowo-Hatta terus menerus menyorot negatif segala hal yang dilakukan pemerintah.

Dari survei Kompas 25 Juni-7 Juli 2015 ada 49,1% pemilih Prabowo-Hatta menyatakan puas dengan kinerja pemerintah. Artinya, hampir separuh pendukung Prabowo-Hatta melihat kinerja pemerintah sudah di jalur yang benar. Selebihnya melihat sebaliknya.

Masuk akal bila cukup banyak pemilih Prabowo-Hatta yang mengapresiasi kinerja pemerintah. Ini antara lain terlihat di time line media sosial.

Selain dan selebihnya, pemilih Prabowo-Hatta masih melulu nyinyir. Tiap sebentar statusnya menjelek-jelekan pemerintah. Orang cerdas tentu bisa membedakan muatan dan energi negatif vs kritik membangun dari sebuah tulisan di media sosial.

Menanggapi hal demikian, sebagian pemilih Jokowi-JK memilih untuk mendiamkan status pemilih Prabowo-Hatta yang terlihat belum menerima kekalahan tersebut. Dibiarkannya si nyinyir pemilih Prabowo-Hatta monolog di klan mereka sendiri. Dijadikan tontonan yang menarik.

SUTOMO PAGUCI

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x