Mohon tunggu...
SUTOMO PAGUCI
SUTOMO PAGUCI Mohon Tunggu... Advokat

Advokat | Independent Hiker | 🌐 Padang, Sumatera Barat, Indonesia | sutomo1975@yahoo.co.id | Wajib izin untuk setiap penayangan ulang atau copy paste sebagian atau seluruh tulisan saya.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Kilas Musik 2012: Dari PSY, CR Jepsen, Sampai Cakra Khan

30 Desember 2012   08:57 Diperbarui: 24 Juni 2015   18:48 336 2 0 Mohon Tunggu...

Panggung sandiwara musik dunia 2012 jadi milik "pendatang baru". PSY (Park Jae-sang) dari Korsel menghentak dunia hingga Presiden AS, Obama, dengan karya "Gangnam Style" yang dirilis Juli 2012.

Juga, lihat Carly Rae Jepsen dari Kanada dengan "Call Me Maybe". Karya renyah yang mampu menghangatkan hampir setiap sudut kamar anak muda dunia, mobil, stasiun, lapangan senam, dsb. Sebuah lagu yang sukses besar. Beda jauh dengan lagu-lagu dalam albumnya terdahulu: Tug of War dan Curiosity.

Hingga tulisan ini diturunkan jumlah klik "Call Me Maybe" di Youtube sudah mencapai 371.836.293. Luar biasa! Bahkan mengalahkan "Framework"nya Katy Perry dalam rentang waktu yang sama. Menyusul di bawah "Gangnam Style"nya PSY, yang digdaya tak terkalah dengan jumlah klik 1.083.808.130 kali tayang di Youtube sampai tulisan ini dipublis.

Dimana-mana terdengar hentakan PSY dengan "Gangnam Style" dan ringkikan renyah CR Jepsen. Keduanya sudah beberapa waktu berkarya di negaranya masing-masing namun baru tahun ini menghentak jagad hiburan musik manca negara. Inilah dua lagu paling heboh sejagad selama 2012.

Panggung musik tanah air 2012 sendiri tak kalah hebohnya. Publik Indonesia disuguhi karya-karya musik "galau" seperti dibawakan dengan manis oleh Noah, Cakra Khan, dll. Tahun 2012 dikatakan sebagai tahun "galau" permusikan tanah air.

Coba, Cakra Khan dengan singel "Harus Terpisah" muncul-muncul langsung bikin heboh. Anak muda berusia 20 tahun ini baru nongol langsung menghentak tak karu-karuan. Saat ini klipnya di Youtube diklik hampir 5 juta kali! Hentakan kedahsyatannya tak kalah dengan "Gangnam Style" waktu pertama muncul di Youtube.

Rupanya, trend begini sepertinya dilirik penyanyi lain. Rumusnya sederhana: ibarat karya jurnalisme warga---konten adalah raja, maka, konten musiknya sendiri adalah raja, terlepas penyanyinya sendiri senior atau yunior. Naga-naganya Adam Doleac Band sengaja akan meluncurkan secara resmi "Like a Cigarette"nya awal tahun mendatang. Lagunya cukup empuk dan bikin candu, mirip rokok beneran. Akankah melejit di 2013? Kita tunggu saja. CMIIW.

(SP)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x