Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Beda Homestay dan Hotel

22 Maret 2023   14:51 Diperbarui: 23 Maret 2023   04:38 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini untuk berlibur dengan kelompok, sebaiknya kita berpikir menginap di hotel atau homestayHomestay bisa berupa apartemen atau rumah lengkap dengan perabotnya (full furnished).

Pengalaman ini kami dapatkan saat komunitas Click menjelajah Jogya. Karena kami yang menginap bertujuh, maka kami memilih homestay dengan 3 kamar yang bisa untuk 8 orang. Kalau mau dipaksakan  bisa sih hingga 10 orang, asal yang 2 orang mau tidur di sofa.

Homestay yang mbak Muthiah dapatkan memang tidak terletak di tepi jalan raya. Alamatnya memang di jalan raya yang dilewati Trans Jogya, namun lokasinya terletak di belakang sebuah hotel. 

Jadi kami harus berjalan masuk ke dalam. Yang agak mengecoh alamatnya di belakang hotel X Malioboro, jadi terkesan dekat dengan kawasan legendaris Jogya, ternyata masih cukup jauh. Kami jalan kaki ke Maliiboro saja tidak sanggup sehingga ada yang naik becak atau taksi daring.

Waktu masuk (check in) sama dengan hotel, antara jam 12.00-14.00 WIB, hanya waktu keluar (check out) sekitar jam 10.00-11.00 WIB hari berikutnya, dengan alasan akan dibersihkan karena sudah ada yang booking.

Tampsk depan (dok; Muthiah)
Tampsk depan (dok; Muthiah)


Saat kami tiba di lokasi homestay dari tampak depan rumahnya bertype minimalis. Di dekat pintu samping terdapat sebuah kotak kunci yang dapat dibuka dengan password, isinya kunci rumah. 

Jadi, tidak perlu lagi menemui pengelola untuk mengambil kunci, karena kunci sudah tersedia. Pengelpla cukup memberitahukan passwordnya saja.Juga tidak perlu mencari dibawah  keset atau di pot bunga.

Kotak kunci (dokpri)
Kotak kunci (dokpri)

Setelah kami memasukkan password dengan benar, kotak kunci terbuka dan kunci dapat kami gunakan untuk membuka rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun