Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mau Sehat? Perhatikan 4 Hal Ini

16 November 2022   05:00 Diperbarui: 16 November 2022   05:06 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (sumber: alodokter.com)


Semua orang selalu ingin sehat. Tiap orang tua selalu ingin berumur panjang agar dapat menyaksikan anaknya berkeluarga, bahkan bisa ikut mengasuh cucu. Sebaliknya seorang anak berusaha selalu sehat, agar dapat bekerja maksimal, guna membahagiakan orang tuanya.

Menurut beberapa ahli kesehatan, syarat agar manusia dapat selalu sehat harus memperhatikan empat hal berikut ini:

1. Konsumsi makanan sehat

Banyak rumah makan / restoran yang mempromoaikan makanan yang enak. Dan semua orang selalu senang makan enak. Bahkan sering kali berburu kuliner tiap akhir pekan untuk mencari makanan yang diinfokan enak lewat sosial media maupun promosi dari nulut ke mulut. Bahkan sebelum pandemi Covid-19 merebak, wisata kuliner sangat digemari. 

Apakah kita peduli pada makanan yang kita asup? Makan secara sembarangan atau yang dikenal pola makannya jorok, sering berakibat obesitas, koleaterol tinggi maupun aneka penyakit, seperti diabetes dan darah tinggi.

Pada saat pandemi Covid-19 merebak, promosi kuliner juga masif dilakukan secara digital, lalu kita tinggal pesan, dan makanan akan dikirim dengan jasa kurir.

Bila kita ingin sehat, kita harus waspada terhadap apa yang kita asup. Jangan terlalu manis dan asin. Padahal dua rasa ini yang paling banyak beredar. Yang manis contohnya aneka kue, yang asin contohnya aneka masakan. Karena bila hambar, orang pasti kurang suka  Juga makanan yang banyak menambahkan penyedap masakan (MSG).

Guna menjaga tubuh kita tetap sehat, sebaiknya membatasi mengasup makanan manis dan asin. Istilahnya, kurangi gula dan garam.

Selain harus mengurangi gula dan garam, kita juga  harus mengasup makanan yang kaya warna. Warna ini banyak didapati pada buah dan sayur. Makin kaya warna makanan yang kita asup dinilai lebih sehat. Misal ketela, kita sudah mendapati warna ungu dan kuning, merah pada wortel dan buah naga, hijau pada aneka sayur,, hijau dan coklat pada kacang-kacangan. Kuning pada jagung

Juga asuplah makanan yang bervariasi. Jangan mengasup makanan asal kenyang, yang banyak mengandung karbo hidrat saja  Misal nasi putih dan mie siap saji.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun