Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bulan Oktober, Bulan Bahasa

6 November 2022   16:23 Diperbarui: 6 November 2022   16:26 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (sumber: pesantrennuris.net)

Berkaitan dengan Sumpah Pemuda yang pernah dilangsungkan pada 28 Oktober 1928, yang salah satunya mengusung "Berbahasa satu bahasa Indonesia", maka bulan Oktober diperingati sebagai bulan bahasa.

Pada bulan Oktober kita diingatkan untuk menulis dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Sebagai acuan baku bagi para penulis juga blogger adalah KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Pada tahun ini, KBBI telah diperbarui dengan masuknya beberapa kata baru yang sudah sering kita gunakan seperti baper, lemot dan lebay.

Baper berasal dari singkatan kata 'bawa perasaan' yang sering digunakan bila seseorang mudah tersinggung. Lemot kata ini sebagai pengganti kata lambat. Sedangkan lebay digunakan untuk menjustifikasi sikap seseorang yang berlebihan.

Sebelum tiga kata ini masuk ke dalam KBBI, bila kita menggunakannya dalam tulisan, maka kita harus menyuntingnya dengan menambahkan fungsi huruf miring (italic). Contoh: Karena sudah lama, gawai ini kian lemot.

Berbahagialah para penulis termasuk para blogger, setelah tiga kata ini masuk ke dalam KBBI, kita tidak perlu melakukan penyuntingan  lagi.

Masuknya beberapa kata yang lazim digunakan dalam bahasa lisan menjadi bahasa tulis baku sangat menguntungkan bagi penulis, termasuk blogger.

Jadi, rajin-rajinlah memperhatikan pembaruan pada KBBI, karena kamus ini adalah kiblat para penulis termasuk blogger. Khususnya pada bulan Oktober, yang merupakan bulan bahasa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun