Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Benteng Spellwijk, Ada Penjara dan Benteng

9 November 2022   05:00 Diperbarui: 9 November 2022   05:07 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Di atas benteng (dok: Ketapels)


Kini kawasan dimana terdapat Benteng Spellwijk telah direvitalisasi. Letaknya di tepi sungai, di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Setelah kondisi rapi dan terbuka, ternyata benteng ini terletak di depan vihara Alokistesvara.

Di depan benteng, telah dibuat Taman Spellvijk yang rapi san nyaman, serta ramah anak, karena banyak menyediakan permainan, seperti mobil-mobilan, sepeda tandem, sepeda becak, dan lain-lain.

Taman ini juga dapat digunakan untuk area olahraga, seperti senam kesegaran jasmani atau menari.

Bagi yang ingin menyaksikan benteng Spellwijk harus menghubungi juru kunci, guna mendapatkan akses kunci masuk.

Ada dua tempat yang perlu kita kunjungi. Pertama penjara bawah tanah (bunker) yang sering terdengat suara menyeramkan. Ternyata suara berasal dari pengunjung yang berada diatas benteng. Pencahayasn di penjara ini sangat kurang, sehingga terasa lembab, namun tidak seseram seperti penjara bawah tanah di Lawang Sewu Semarang atau Museum Sejarah Jakarta, Kota zlama, Jakarta.

Suasana bunker (dok: Ketapels)
Suasana bunker (dok: Ketapels)


Bagian kedua tentu saja, bagian atas benteng, yang dapat kita masuki setelah mendaki anak tangga batu yangSuasana cukup curam, setinggi 2 meter. Tidak ada yang istimewa di bagian atas benteng, kecuali untuk foto-foto. Berupa ruangan untuk patroli bagi tentara untuk dapat mengawasi kedatangan musuh dari ketinggian.

Didepan penjara bawah tanah, terdapat puing-puing bekas Gereja.

Foto bersama (dok: Ketapels)
Foto bersama (dok: Ketapels)


Benteng Spellwijk ini merupakan situs cagar budaya peninggalan kolonial yang diarsiteki oleh Hendrik Cardeel. Dibangun sekitar abad 17. Penamaan diberikan oleh Gubernur Jenderal Cornelius Speelman. Benteng ini digunakan pihak Hindia Belanda untuk mengawasi daerah Banten dari serangan musuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun