Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengenal Ajaran Buddha

16 Mei 2022   22:36 Diperbarui: 16 Mei 2022   22:40 68 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Buddha (sumber: kompas.xom)


Peristiwa Waisak adalah peringatan tiga peristiwa besar yakni lahirnya Siddhartha Gautama di India, saat Siddhartha Gautama memperoleh penerangan sempurna sebagai Buddha dan wafatnya Siddhartha Gautama di India.

Maka umat Buddha merayakan tiga peristiwa ini sebagai Hari Trisuci Waisak, biasanya saat bulan purnama, dan di Indonesia umumnya dipusatkan di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Pada dasarnya ajaran Buddha mengenai empat Kebenaran Mulia, yaitu:

1. Mengakui adanya duka.
2. Menyadari penyebab duka
3. Menghentikan duka
4. Menghilangkan duka dengan 8 Unsur

Jadi dalam melaksanakan ajaran Buddha, umat Buddha selalu menerapkan seperti melakukan pengobatan, diawali dengan mencari diagnosa masalahnya, mencari penyebabnya, melihat apa yang terjadi dan melakukan perawatan yang diperlukan atau mencari obatnya 

Pada Kebenaran Mulia dipercayai adanya penderitaan, yang diakui menyebabkan sesuatu yang salah. Maka manusia harus mencari penyebab penderitaan. Dengan memahami penderitaan maka manusia sanggup menghadapinya dalam kehidupan. Setelah menyadari dan memahami penderitaan ini, lalu menyiapkan langkah yang tepat untuk menjalani kehidupan dengan panduan yang tepat agar tidak tersesat.

Itulah sebabnya, umat Buddha diminta untuk lebih sering merenungi kehidupan, lalu berusaha mencari jalan hidup yang benar agar memperoleh kebahagiaan.

Selamat Hari Trisuci Waisak, bagi Anda yang merayakannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan