Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Pantai Tanjung Lesung, Mutiara Wisata Provinsi Banten

3 Januari 2022   11:15 Diperbarui: 3 Januari 2022   11:18 405 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tanjung Lesung (dok: Taufik)

Siapa menyangka destinasi wisata yang saya kunjungi kira-kira 6-8 tahun yang lalu secara iseng-iseng, kini menjadi salah satu DSP (Destination Super Priority) bersama Borobudur, Danau Toba dan Labuhan Bajo yang sudah terkenal lebih dulu.

Saya sebut iseng-iseng karena saat itu saya sedang ditugaskan perusahaan di Cilegon. Nah pada suatu akhir pekan, saya sedang malas pulang ke TangSel, maka saya iseng pergi ke Pantai Tanjung Lesung.

Pantai Tanjung Lesung adalah salah satu destinasi wisata kebanggaan provinsi Banten selain pantai-pantai lainnya seperti pantai Carita dan lain-lain. Tanjung Lesung terletak sekitar 170 km barat daya Jakarta, di Provinsi Banten berupa  semenanjung yang menghadap ke Samudra Hindia. Dari Jakarta  dapat diakses dengan jalan tol Jakarta-Merak, lalu keluar pintu tol Cilegon dalam waktu  sekitar 3,5-4 jam. Karena saya dari Cilegon tentu lebih dekat, sekitar 95 km karena Pantai Tanjung Lesung berada di Kabupaten Pandeglang.

Selanjutnya , kita harus menyusuri pesisir Anyer, Labuan, Panimbang, dan Citeureup, hingga akhirnya sampai di Pantai Tanjung Lesung. Sama seperti tempat wisata untuk umum lainnya, untuk memasuki kawasan Pantai Tanjung Lesung kita harus membayar tiket. bagi anak balita tidak dikenakan tiket masuk.

Dari Tanjung Lesung cukup dekat untuk menyaksikan Anak Krakatau (anak gunung berapi Krakatau, yang tercatat paling luar biasa letusannya pada 1883), lalu kita bisa  menyaksikan satwa langka karena hampir punah, yaitu badak Jawa bertanduk satu di lokasi konservasi badak di Ujung Kulon dan menyaksikan upacara adat budaya Badui. Selain itu, kita juga dapat menuju Pantai Batu Hideung dan Situ Cikedal yang letaknya berdekatan dengan Pantai Tanjung Lesung.

   

Kini kawasan Pantai Tanjung Lesung juga sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Pantai Tanjung Lesung seperti Kawasan Mandalika, Lombok. KEK ini sudah menyediakan berbagai macam fasilitas untuk umum. Seperti lahan parkir yang besar dan toilet yang bersih bagi para pengunjung. Juga tersedia kursi-kursi  untuk bersantai. Pengunjung dapat mengabadikan keindahan lokasinya yang sangat Instagramable. Juga tersedia  musholla untuk beribadah bagi umat muslim.

Selain karena pemandangannya yang indah, Pantai Tanjung Lesung juga memiliki banyak fasilitas yang lengkap untuk memanjakan wisatawan, seperti:

1.  Olahraga air

2.  Beragamnya kekayaan laut yang indah (ubur-ubur).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan