Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Jurassic Park", Film Sci-fi yang Tetap Menarik

28 Desember 2021   09:30 Diperbarui: 28 Desember 2021   09:32 331 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jurrassic Park (sumber: kompas.com)

Film sci-fi atau science fiction adalah sebuah genre film yang menggabungkan sains dan teknologi di dalam alur ceritanya. Munculnya alien, perjalanan ke luar angkasa, robot canggih, menerobos perjalanan waktu, pahlawan super, dan post-apocalyptic adalah tema yang sering diusung.

Salah satu film sci-fi yang saya rekomendasikan adalah "Jurassic Park". Anda bisa menontonnya di layanan streaming  seperti Netflix.

Meski film ini dirilis tahun 1993, tetapi film ini tidak membosankan meski ditonton berulang kali. "Jurassic Park" merupakan film sci-fi yang mengangkat dinosaurus sebagai tema utama. Film ini menghadirkan suasana tegang seolah Anda ikut bertualang langsung di dalamnya dan merasakan  keseruan kekacauan yang terjadi.

Film ini dibuat berdasarkan sebuah novel berjudul sama karya Michael Crichton, yang diterbitkan pada tahun 1990, dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Film yang menggunakan konsep teori kekacauan dan  menunjukkan kegagalan sebuah taman margasatwa yang menghidupkan kembali spesies dinosaurus.

Telah terjadi kesalahan dalam pengembangan dinosaurs oleh perusahaan InGen milik John Hammond, sekaligus pemilik taman margasatwa ini.

Setelah insiden tersebut, cerita fiksi ini menghadirkan sekelompok ilmuwan terma paleontologis dan seorang matematikawan ahli teori chaos (yang sejak awal tidak menyetujui dengan didirikannya taman margasatwa ini) yang diundang ke sebuah taman margasatwa bernama Jurassic Park untuk mendiskusikan kelayakan taman margasatwa ini. Taman Jurassic berisi dinosaurus, yang diciptakan kembali melalui DNA dinosaurus  dan disempurnakan dengan DNA reptil atau amfibi. 

Hammond dan timnya sangat gembira ketika mereka berhasil  untuk menghadirkan kembali dinosaurus. Namun para ilmuwan menjadi cemas ketika mengetahui bahwa dinosaurus-dinosaurus tersebut ternyata mampu berreproduksi, biarpun InGen telah berusaha membuat mereka mandul.

Kekacauan muncul saat seorang kepala pemrograman sistem keamanan Jurassic Park berusaha untuk mencuri embrio dinosaurus karena diminta  temannya yang bekerja untuk saingan John Hammond. 

Untuk mencuri embrio tersebut, pemrogram ini harus mematikan listrik yang mengaliri pagar-pagar listrik di taman, yang berakibat beberapa dinosaurus lepas, seperti Tyrannosaurus rex dan Velociraptor yang tergolong buas dan soalnya mereka  memburu rombongan ilmuwan yang diundang dan dua orang cucu Hammond yang sedang berkeliling taman. 

Meski beberapa orang dapat selamat dari kejaran dinosaurus dan berhasil meninggalkan pulau tersebut, Pemerintah Kosta Rika tetap memutuskan untuk  menghancurkan pulau tersebut karena terbukti terdapat beberapa raptor yang berhasil lolos dari kandang. Film berlanjut dengan kekacauan yang dapat Anda saksikan sendiri.

Data film

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan