Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Lebih Jauh Mengenal Mandalika Lombok

19 Desember 2021   06:49 Diperbarui: 19 Desember 2021   06:53 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mandalika (sumber: kemenparekraf.go.id)

Sore ini, Sabtu 18 Desember 2021, Koteka Talk 67 dengan tajuk "Wonderful Indonesia, Amazing Mandalika".  Telah menghadirkan narasumber  Muslifa Aseani, Ketua Koteka dan sekaligus salah satu pemenang kompetisi blog tentang Mandalika. Acara dipandu dengan apik oleh Ony Jamhari, admin Koteka.

Muslifa Dan peserta (dok: Koteka)
Muslifa Dan peserta (dok: Koteka)

Dalam presentasinya, Muslifa menginformasikan bahwa Mandalika terletak di Lombok Tengah, namanya diambil dari legenda putri Mandalika yang erat kaitannya dengan festival Bau Nyale. Mandalika memang destinasi wisata baru di Lombok. Sehubungan dengan dibukanya bandara internasional baru LIA (Lombok Internasional Airport). Semula destinasi wisata di Lombok adalah pantai Senggigi dengan hotel bintang limanya dan Kepulauan Gili dengan Gili Trawangan, Gili Air Dan Gili Meno.

Sungguh beruntung, ke 10 Kompasianer yang memenangkan kompetisi blog ini dapat melihat langsung  bagian dalam sirkuit international Mandalika, tanpa tiket yang konon harganya 19 juta Rupiah pada saat berlangsungnya MotoGP tahun depan. Mereka boleh masuk, tetapi tidak boleh mengambil foto. Diperoleh kabar, bahwa sudah berlangsung kontrak dengan MotoGP selama 10 tahun, itu artinya di Mandalika bakal berlangsung MotoGP selama 10 tahun, diawali mulai tahun 2022.

Mereka juga menuju air terjun Sendang Gile di Lombok Utara, Malibu dataran tinggi yang memperlihatkan silhuet Gunung Agung dan ke tiga Gili di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Tengah.

Mereka juga sempat mengunjungi pusat oleh-oleh Lombok yang berdekatan dengan Islamic Centre. mencobai ayam Taliwang dan plecing kangkung di rumah makan yang pertama menjajakan kuliner khas Lombok pertama kalinya di Mataram.

Mereka juga sempat mengunjungi TWA Tuna (Tempat Wisata Alam Tuna) yang berada di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Mandalika dan melakukan tiga kegiatan, yaitu melepas bayi penyu, memberi makan rusa, dan menanam pohon yang ditandai dengan nama ke 10 pemenang tersebut.

Saat menghadiri konferensi internasional di Mandalika, terdapat ide yang menarik guna memajukan UMKM. Peserta konferensi yang biasanya mendapatkan cinderamata, kali ini digantikan dengan voucher berupa e-wallet untuk membeli produk  UMKM sesuai keinginannya, yang berada di liingkungan venue seminar dengan melalui QR code, jadi transaksi secara digital.

Secara umum, mereka mengitari seluruh pulau Lombok selama 5 hari dari 30 November hingga 4 Desember 2021, Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Timur.

Guna menunjukkan sirkuit internasional Mandalika kepada peserta, diputarkan video YouTube saat Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun