Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Opini Komunitas: Wisata Tunda atau Jalan Terus

9 Desember 2021   18:41 Diperbarui: 9 Desember 2021   18:46 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lombok (sumber: kompas.com)

Sekarang sudah memasuki bulan Desember, liburan Nataru (Natal dan Tahun Baru) sebentar lagi menjelang, hanya tinggal dalam hitungan hari saja. Sementara merebaknya kemunculan varian virus baru yang dikenal dengan nama Omicron menghebohkan dunia. Varian yang diketemukan pertama kali di Afrika Selatan ini disinyalir telah memasuki 23 negara. 

Dan yang sangat mengkhawatirkan Indonesia kabarnya varian virus baru ini sudah memasuki Malaysia. Padahal dikawatirkan pada liburan Nataru nanti dipastikan akan banyak TKI yang mudik ke daerahnya dan dapat menyebarkan varian virus baru ini di Indonesia.

Pemerintah Republik Indonesia juga masih gamang antara melarang liburan atau melonggarkan liburan demi mendongkrak faktor pariwisata. Akibatnya level PPKM yang semula sudah mau ditingkatkan ke level tiga dibatalkan.

Guna mendapatkan opini dari komunitas, maka Kompasiana menaggapinya dengan menggelar acara virtual di tiga laman media sosial Kompasiana, yaitu Youtube, Facebook dan Instagram, bertajuk "Traveling Ditengah Ancaman Omicron, Tunda atau Gas Terus".

Dipilih narasumber yang banyak bersinggungan dengan wisata, yaitu Muslifa Aseani dari Koteka, komunitas traveling Kompasiana dan Deny Oey dari BPJ (Back Packer Jakarta). Pada hari Kamis 9 Desember 2021 jam 16.30-17.30. Acara dipandu dengan apik oleh Offie Natalia.

Pada awalnya kedua narasumber dipersilakan memperkenalkan komunitasnya, aktivitasnya dan cara bergabung di kedua komunitas ini. BPJ terpaksa menghentikan aktivitasnya pada masa pandemi, meski sebelum pandemi sangat aktif bisa 6x kegiatan dalam seminggu. 

Sementara Koteka yang tahun ini terpilih sebagai "The Best Community of Kompasiana" masih beraktivitas sejak Juli 2020 dengan menyelenggarakan Koteka Talk secara virtual tiap hari Sabtu sore. 

Acaranya nemperkenalkan negara-negara di luar negeri melalui Duta Besar maupun destinasi wisata di Indonesia diantaranya berkolaborasi dengan komunitas lain. Hingga saat ini sudah terselenggara 64 kali Koteka Talk. 

Minggu 12 Desember 2021 Koteka dengan Spin mengadakan acara hybrid daring dan luring di cafe Nepa Yogyakarta untuk memperingati Mountain Day.

Ketika pertanyaan dipertajam oleh host, kedua narasumber sepakat mengambil jawaban aman yakni menunda dulu wisata pada liburan Nataru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun