Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Hindari Virusnya, Sayangi Penderitanya

6 Desember 2021   16:50 Diperbarui: 6 Desember 2021   17:17 48 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi HIV/AIDS (sumber: bhaktirahayu.com)

Awal Desember atau tepatnya 1 Desember selalu diperingati sebagai hari HIV / AIDS sedunia. Tentunya hal ini guna menyelaraskan sikap kita terhadap penyandang HIV / AIDS dan waspada agar tidak terpapar virus yang menghilangkan kekebalan tubuh ini.

Sikap kita pada penderita

Selama ini ada stigma buruk terhadap penderita HIV / AIDS, bahkan kita cenderung menjauhi penderita, entah dia anggota keluarga atau tetangga kita. Padahal hal ini hanyalah karena ketidak tahuan kita tentang HIV /AIDS. 

Sebenarnya kita tidak perlu menjauhi atau menghindari penderita HIV / AIDS, karena penularan virus HIV / AIDS tidak melalui sentuhan atau cipratan air liur penderita. Meskipun sebaiknya kita memisahkan keperluan pribadi penderita dari yang kita gunakan.

 Kita hendaknya tetap merawat penderita HIV / AIDS dan bukan menjauhinya. Penderita HIV / AIDS harus kita perhatikan dengan penuh kasih sayang agar mereka tetap memiliki gairah hidup untuk sembuh.

Cara Penularan

Disini akan diinformasikan cara penularan virus HIV / AIDS. Virus HIV / AiDS hanya dapat menular akibat pemakaian jarum suntik bersama pada penyuntikan narkoba. 

Virus HIV / AIDS tidak dapat menular akibat transfusi darah atau gigitan nyamuk. Penularan virus HIV /AIDS juga dari kegiatan seksual berganti pasangan yang tidak diketahui telah mengidap virus HIV / AIDS. 

Lazimnya di kompleks pelacuran atau beraktifitas dengan PSK daring, atau selingkuh dengan pasangan lain yang tidak jelas statusnya dapat menularkan virus ini.  Kegiatan seksual normal maupun oral dapat menyebarkan penularan, terlebih bila ada luka terbuka dan atau penetrasi seksual. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan