Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Menjaga Imun Hadapi Omicron

3 Desember 2021   15:55 Diperbarui: 3 Desember 2021   16:46 101 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Omicron (sumber: tribunnews.com)

Setelah virus variasi Delta, kini muncul varian Omicron. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menyebutkan, saat ini 23 negara telah melaporkan adanya kasus infeksi virus Corona (Covid-19) varian B.1.1.529 atau Omicron. Dan yang ditengarai sudah dimasuki varian virus dari Afrika Selatan ini kebanyakan negara-negara di Eropa seperti, Inggris, Austria, Italia, Jerman, serta Australia.

Pemerintah Republik Indonesia langsung bereaksi guna menyelamatkan kondisi di Indonesia yang sudah melandai pada akhir November 2021, pendatang dari Afrika Selatan langsung ditolak dan karantina terhadap WNI yang baru saja bepergian dari luar negeri harus melakukan karantina dari 7 hari menjadi 10 hari. 

Juga menjelang libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) dimana biasanya terjadi pergerakan warga untuk berlibur / berdarmawisata atau pulang kampung guna merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga di tempat asal, dengan menutup semua lokasi hiburan / wisata  dan meningkatkan level PPKM ke level 3. ini artinya, warga dihimbau agar jangan banyak melakukan aktivitas.

Belajar dari pengalaman sebelumnya untuk menghadapi liburan panjang yang banyak menimbulkan pergerakan warga, Pemerintah cepat mengantisipasinya dengan meningkatkan level PPKM, meski harus kucing-kucingan dengan warga yang membandel yang sudah berlibur lebih awal tepatnya pada akhir November atau awal Desember.

Guna mencegah merebaknya varian Omicron, juga agar jangan terjadi lonjakan korban seperti pada Juli 2021,warga hendaknya tetap taat prokes, menjalankan 3M hingga 6M, yaitu memakai masker, menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak maupun membatasi aktivitas, menghindari kerumunan dan menghindari makan bersama.

Warga juga hendaknya selalu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dengan banyak mengkonsumsi makanan sehat (sayuran,.biji-bijian dan buah-buahan), vitamin serta rajin berolahraga. Hindari keramaian seperti mal dan tempat hiburan dan lebih banyak berdiam di rumah.

Jangan kawatir dengan varian apapun, selama imun Anda kuat, ditambah sudah melakukan vaksinasi dan selalu mentaati prokes, semoga Anda selalu aman dan sehat. Salam sehat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan