Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ini Kuncinya Memasak Tanpa Minyak

4 November 2021   11:49 Diperbarui: 4 November 2021   11:58 202 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pepes (sumber: masakanmama.com)

Wow, harga minyak goreng naik tinggi sekali. Sebagai dropshipper yang juga memasarkan kuliner yang digoreng tentunya juga mengalami kendala karena kenaikan harga yang dilakukan supplier atau vendor. Mungkin bagi Anda yang biasa membeli gorengan dan harga belum naik, disebabkan penjual nekad menggunakan minyak goreng yang sudah kotor dan kurang sehat bagi yang memakan produknya.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, pada umumnya dihimbau untuk menjauhi makanan yang digoreng. Meski agak sulit mencarinya bila Anda selalu makan siang di cafe atau kantin, maupun bagi para isteri di rumah untuk memasak tanpa minyak goreng. Paling hanya makanan rebusan, dan resepnya tidak terlalu banyak variasinya. Dikawatirkan Anda akan cepat bosan dan kehilangan nafsu makan, karena makanan paling sederhana seperti nasi goreng dan tempe goreng juga tetap tergolong gorengan.

Ada sebuah variasi memasak tanpa minyak, selain rebusan adalah pepes. Ini dapat dijadikan alternatif pengganti gorengan bila sudah bosan dengan makanan rebusan. Cukup banyak variasi pepes, seperti pepes ikan, pepes tahu, pepes oncom, pepes udang dan pepes ayam.

Pepes ayam cukup menarik selain sehat, karena daging ayam merupakan bahan makanan sehat yang kaya akan kandungan protein dan nilai gizi didalamnya. Pastikan Anda memilih dada ayam dan hindari kulit ayam karena kulit ayam mengandung banyak lemak.
Pepes ini cara membuatnya sangat mudah dan rendah kalori pastinya.  Terlebih cara memasaknya juga sehat dan tanpa minyak goreng. Anda hanya perlu menyiapkan bahan utama dan bahan bumbu halus untuk memasak pepes. Untuk meniadakan penggunaan minyak goreng, dapat Anda ganti dengan kaldu ayam.

Namun bagi Anda yang belum siap meninggalkan minyak sama sekali, Anda bisa mulai hidup sehat dengan mengganti minyak goreng dengan menggunakan minyak dari bahan lain yang lebih sehat. Anda bisa mengganti minyak goreng dengan beberapa bahan minyak sehat lainnya seperti minyak kanola, minyak zaitun, minyak biji anggur atau grapesed oil, minyak biji bunga matahari, minyak kacang dan yang lainnya.
Minyak sehat tersebut memang tingkat panasnya tidak seperti minyak kelapa atau minyak sawit atau minyak goreng Anda biasanya. Namun minyak ini dapat digunakan menumis atau menggoreng dan kadar lemaknya lebih rendah dibandingkan minyak goreng sehingga akan lebih sehat. Khususnya bagi Anda yang memiliki kadar
kolesterol  tinggi juga dianjurkan memasak dengan minyak sehat tersebut. Selamat mencoba resep masakan tanpa minyak.

Alternatif lainnya untuk menggoreng tanpa minyak adalah dengan memanfaatkan udara panas. Teknologi memasak yang cukup baru ini mewajibkan Anda mempunyai air fryer. Menggoreng dengan udara panas, infonya dapat menghasilkan lemak lebih rendah dan rasanya tetap lezat. Kelebihan lainnya peralatan air fryer lebih mudah dicuci atau dibersihkan. Dan sama sekali tidak memiliki bau minyak. Hanya masalahnya, Anda harus menyediakan dana untuk membeli sebuah air fryer, harga berkisar 700.000 hingga 1 juta Rupiah, tergantung merek yang Anda pilih.

Inilah solusi memasak tanpa minyak, guna memaknai gaya hidup sehat, sekaligus menghemat pengeluaran karena melonjaknya harga minyak goreng di pasaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan