Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kenali Jenis Jerawatmu dan Tips Perawatannya

18 Oktober 2021   22:11 Diperbarui: 18 Oktober 2021   22:17 92 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jerawat (sumber: alodokter.com)

Dulu saat remaja, bila tumbuh jerawat di wajah pasti diledekin teman-teman, wah lagi "falling ini love" dengan siapa? Padahal sih saat lagi naksir calon gebetan ataupun tidak si jerawat itu bisa muncul saja tiba-tiba. Para remaja lain baik pria maupun wanita juga merasa kesal dengan gangguan si jerawat ini, bikin nggak 'pede' aja kalau muncul pas malam minggu saat mau wakuncar maupun saat mau menerima kunjungan pacar. 

Masih untung bagi yang jerawatnya hanya muncul sebiji meski posisinya selalu pada posisi yang strategis, yang lebih membuat remaja rendah diri bila si jerawat datang berombongan. Rasanya muka penuh deh dengan jerawat.

Berdasar buku kesehatan, yang pernah dibaca ternyata terdapat dua jenis jerawat yakni jerawat non-inflamasi yang penyebabnya adalah pori-pori yang tersumbat, sedangkan satunya lagi adalah jerawat inflamasi  yqng penyebabnya adalah pori-pori tersumbat yang telah terinfeksi bakteri.Totalnya ada enam jenis jerawat, dua yang tergolong non-inflamasi dan empat yang tergolong inflamasi.

Yang tergolong jerawat non-inflamasi adalah:

1. Komedo putih

Jerawat yang terbentuk karena pori-pori tersumbat. Berasal dari sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori yang tertutup. Bentuknya berupa bintik kecil dan tidak menimbulkan rasa sakit.

2. Komedo hitam

Terbentuk akibat pori-pori yang tersumbat atau tertutup terkena udara bebas. Hal ini menimbulkan proses oksidasi sehingga menimbulkan warna kehitaman. Dengan kata lain komedo hitam adalah komedo putih yang terkena udara..

Sedangkan jerawat inflamasi adalah:

1. Cystic lesions, tampaknya seperti benjolan yang dipenuhi nanah, menimbulkan warna merah, mengakibatkan bengkak dan terasa sakit pada bagian bawah permukaan kulit.  Penyebabnya adalah bskteri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan