Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

WA Down 6 Jam, Netizen Bingung

5 Oktober 2021   10:49 Diperbarui: 5 Oktober 2021   16:09 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosial media (sumber: trbunnews.com)

Kemarin malam Senin 4 Oktober 2021 kira-kira jam 22.30 WIB, aplikasi chat WhatsApp yang saya gunakan tidak dapat mengirim dan menerima, padahal biasanya selalu ramai banyak pesan dari WA group yang pesertnya tinggal di seluruh dunia. 

WhatApp group ini selalu aktif sepanjang hari selama 24 jam,karena pasa saat kita yang berdomidili di Indonesia tidur, teman yang betada dibelahan bumi lain sedang betaktifitas, misal Amerika dan Kanada. 

Saya pikir gawai saya sedang bermasalah atau provider internet yang sedang bermasalah. Kebetulan saya memiliki dua gawai dengan dua provider internet berbeda, ternyata keduanya tidak berfungsi.

 Saya mencoba cara-cara yang biasa dilakukan bila gawai bermasalah, seperti melakukan 'reset' dan membersohksn 'cschr'. Namun tetap tidak ada perubahan. 

Saya coba mengakses aplikasi portal berita ternyata bisa, berarti gawai dan internet normal, namun belum ada berita mengenai tidak berfunginya WhatsApp. Saya mencoba Facebook dan Instagram juga bermasalah, hanya dapat dinuka, tetapi saat mengunggah konten muncul pesan sistem sedang rusak.

Karena sudah malam, saya memutuskan untuk tidur saja. Bangun jam 5.30 aplikasi sosmed masih bermasalah. Tak lama saya menerima panggilan telepon yang menanyakan masalah 'down'nya WhatsApp. 

Rupanya masalah tidak terjadi pada gawai saya saja. Saya lalu mencari informasi di portal berita, Dan benar beberapa portal berita menyampaikan berita bila WA, FB dan IG 'down'. 

Selesai membaca berita, terdengar nada masuknya pesan WA, rupanya WA sudah pulih, saya check banyak pesan WA masuk dan pesan WA yang saya kirim juga ferkirim.

Dunia digital

Dengan nanusia sudah sangat tergantung pada sosial media, sudah seharusnya perusahaan digital milik Mark Zuckerberg  sekelas WA, FB dan IG jangan sampai 'down'. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun