Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Dimana Saja, Kapan Saja

4 September 2021   09:34 Diperbarui: 4 September 2021   09:47 69 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dimana Saja, Kapan Saja
Aplikasi kesehatan (sumber: halodoc.com)

Pertama kali mengenal aplikasi kesehatan, saat pandemi mulai merebak di tahun 2020. Saat itu saya harus sering kontrol dokter, namun untuk mencegah penularan virus, untuk konsultasi dengan dokter, harus menggunakan aplikasi. Saat itu saya mengenal aplikasi MySiloam.

Lalu awal 2021 saat vaksinasi mulai digalakkan untuk warga lansia, beberapa aplikasi kesehatan milik kelompok bisnis besar mulai tampil mempromosikan diri melalui kiprahnya menjadi penyelenggara vaksinasi. Ada halodoc di Jakarta dan Good Doctor di beberapa kota di Indonesia. 

Mereka menjadi penyelenggara vaksinasi, baik 'walk in' maupun 'drive through'. Cara mendaftarnya harus memasang aplikasi mereka di gawai kita. Jadi pendaftaran vaksinasi harus menggunakan aplikasi penyelenggara. 

Setelah memilih waktu yang sesuai, kita akan menerima konfirmasi melalui surat elektronik atau SMS atau WhatsApp. Rata-rata penyelengaraan mereka dilakukan secara profesional, karena menjadi sarana promosi yang sangat efektif.

Pada umumnya, visi penyelenggara aplikasi kesehatan memberi kesempatan kepada masyarakat yang sedang sakit untuk dapat berkonsultasi dengan dokter yang dipilihnya dengan membayar biaya konsultasi yang saat ini masih sangat murah, bahkan banyak diskonnya. 

Contoh biaya konsiltasi 20.000 Rupiah masih didiskon 50%. Masyarakat yang sakit dimana saja dan kapan saja asal sesuai dengan jam praktek dokter dapat membuat janji konsultasi dengan dokter tanpa harus pergi ke rumah sakit atau ke lokasi praktek si dokter. Jenis dokternya juga bervariasi, mulai dari dokter umum  hingga dokter spesialis, misal penyakit dalam.

Selain konsultasi dengan dokter secara chat, aplikasi kesehatan juga menawarkan untuk membuat janji pemerikasaan di rumah sakit, membeli obat, cek laboratorium dan update informasi seputar kesehatan. Beberapa aplikasi kesehatan juga didukung oleh dokter-dokter yang rajin menulis tentang issue-issue penyakit yang sedang trend.

Aplikasi kesehatan ini didukung oleh dokter-dokter pilihan yang telah diseleksi dan mendapat angka penilaian  (rating) dari pelanggan. Jadi, dipastikan dokter-dokter akan memberikan konsultasi terbaiknya agar reputasinya tidak jeblok.

Pasien juga dipermudah dengan bisa menggunakan asuransi kesehatan yang dimilikinya.
Untuk membeli obat juga tidak perlu mengantre di apotek, resep dari dokter langsung disampaikan ke bagian farmakologi yang menyediakan obat dan dikirimkan melalui ojol (ojek online), sehingga pasien tinggal menunggu saja di rumah.

Bila memerlukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit, untuk membuat janji cukup dari aplikasi kesehatan. Pasien tidak perlu mengantre di rumah sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan