Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tips Membuat Presentasi Yang Efektif

18 Juli 2021   17:55 Diperbarui: 18 Juli 2021   17:58 82 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Membuat Presentasi Yang Efektif
Presentasi (sumber: suara.com)

Presentasi banyak diperlukan oleh mereka yang berprofesi sebagai pendidik (guru atau dosen), pelatih atau coach, para tenaga penjual dan para manager untuk memberikan pembekalan pada stafnya.

Apalagi sekarang era online, pembelajaran jarak jauh, kelon (kuliah online) bahkan pelatihan dan seminar omline.  Kita harus dapat membuat materi presentasi yang mudah terbaca dan menarik

Dalam tutorial untuk membuat presentasi yang menarik, ikutilah pvanduan berikut ini:

1. Jumlah slide

Meskipun Anda ingin memberikan penjelasan sejelas-jelasnya, harap jangan menyiapkan jumlah slide terlalu banyak. Slide harap dibuat sepadat dan seringkas mungkin, tetapi juga isi dalam satu slide jangan terlalu padat, karena akan sulit dibaca. Apalagi untuk kelas online. Saat mengikuti kelas online, pada saat layar ditayangkan sebaiknya gawai dalam posisi mendatar agar teks lebih jelas.

2. Jenis dan ukuran font

Tujuan presentasi adalah untuk membantu peserta membaca menerima materi secara jelas. Jadi, pilihlah jenis font yang mudah dilihat, seperti arial atau sans serif. Untuk ukuran font pilihlah semaksimal mungkin yang disesuaikan dengan format slide.

3. Gunakan kalimat ringkas

Jangan menuliskan kalimat yang terlalu panjang, bila perlu gunakan kalimat dalam bahasa Inggris yang lebih ringkas. Bila Anda perlu menuliskan kalimat yang panjang dan detail, sebaiknya siapkan sebuah makalah untuk dibagikan dalam format pengolah kata. Agar bisa ditangkap dengan lebih jelas, gunakan poin-poin (bullet). Misal:

1. Jenis font

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN