Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Konsultan - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Olimpiade Tokyo, Target Indonesia Naik Peringkat

14 Juli 2021   22:34 Diperbarui: 14 Juli 2021   23:04 103 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Olimpiade Tokyo, Target Indonesia Naik Peringkat
Olympiade Tokyo (sumber: okezone.com)

Selama 76 tahun Indonesia merdeka, Indonesia telah mengikuti beberapa kali pesta olahraga dunia Olimpiade. Tahun 2021 meski masih dibayangi bahaya atau ancaman pandemi Covid-19, Jepang selaku tuan rumah tetap bersikukuh menyelenggarakan Olimpiade pada tahun ini. Menurut rencana, Olimpiade akan digelar dari tanggal 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Olimpiade terakhir yang diikuti Indonesia adalah Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil. Kontingen Indonesia berhasil menempati peringkat 46 dunia melalui raihan satu medali emas dan dua perak. Medali emas Indonesia didulang dari cabang olahraga (cabor)  bulutangkis di sektor ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan dua perak dari lifter Sri Wahyuni di kelas 48 kg dan Eko Yuli Irawan di kelas 62 kg.

Pemerintah Indonesia, melalui Menpora telah mematok target kenaikan peringkat dunia dari posisi Olimpiade terakhir yang berada pada peringkat 46. Kontingen Indonesia dipersilakan menjabarkan sendiri harus meraih berapa medali emas, perak dan perunggu agar bisa naik peringkat.

Pada Olimpiade Tokyo 2020 ini, Indonesia diwakili 28 atlet yang akan bertanding dalam delapan cabor, yakni angkat besi, atletik, bulutangkis, dayung, menembak, panahan, renang dan selancar.

Atlet terbanyak berasal dari cabor bulutangkis, yaitu 11 atlet yang akan mengikuti semua partai baik tunggal putera, ganda putera, tunggal puteri, ganda puteri dan ganda campuran.

Cabor angkat besi, Indonesia diwakili 5 atlet. Cabor ini diharapkan menjadi salah satu cabor pendulang medali, seperti pzda Olimpiade Beijing 2008,  Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Muhamnad Zobri akan mewakili Indonesia dalam cabor atletik 100 meter putera dan Alvin Tehupelory akan bertanding pada 100 meter  puteri.

Dua atlet cabor dayung dan empat atlet panahan yang akan berlaga di nomor perorangan, beregu putra dan campuran.

 Vidya Rafika mewakili Indonesia pada cabor Menembak 10m air riffle. Dua orang perenang yang memperoleh wildcard dan Rio Waida berhasil lolos dalam cabor selancar.

Jumlah atlet yang dikirimkan persis sama dengan jumlah atlet pada Olimpiade Rio 2016.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN