Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Basmi Hama untuk Kenyamanan Rumah Anda

16 Juli 2021   07:57 Diperbarui: 16 Juli 2021   08:06 74 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Basmi Hama untuk Kenyamanan Rumah Anda
Hama (sumber: klinikclean.com)

Tinggal di rumah yang bersih tentu memiliki.kenyamanan tersendiri, hingga ada istilah "Home sweet home". Meski sejelek apapun rumah kita, namun akan selalu kita rindukan. Betapa bagusnya sebuah hotel, dalam waktu satu minggu kita pasti sudah rindu pada rumsh sendiri, misal bila kita ditugaskan oleh atasan ke luar kota atau bila kita sedang berlibur menghabiskan cuti tahunan.

Selain rumah yang bersih dari kotoran dan debu, rumah yang nyaman untuk dihuni adalah rumah yang bersih dari hama. Hama pada dasarnya akibat hewan-hewan yang menetap di rumah kita, dan pada umumnya bersifat merusak, misal tikus, dan rayap; membuat rumah kita menjadi kurang sehat dan tidak bersih dengan adanya lalat, kecoa, nyamuk, laba-laba dan semut ; serta munculnya rasa gatal akibat adanya kutu kasur dan tungau.

Agar kita merasa nyaman tinggal di rumah, apalagi pada era pandemi dimana kita harus lebih banyak tinggal di rumah, maka kita harus berupaya maksimal untuk membasmi hama yang ada di rumah kita.

Sebelum menggunakan bahan insektisida yang baunya cukup menyengat, cobalah menggunakan bahan alami guna membasmi atau mengusir hama.

1. Tikus

Tikus sangat menjijikan karena berasal dari selokan, apalagi bila mereka buang air besar dan kecil di dalam rumah kita, tentu akan menimbulkan bau tidak sedap. Juga berbahaya bagi kesehatan makanan yang akan kita santap bila dilalui atsu diinjak oleh tikus. Untuk membasmi tikus agar tidak berminat muncul di rumah kita, semprotkan pada jalur yang sering dilalui tikus, cairan peppermint yang dicampur dengan bawang merah tumbuk   tikus.  Semoga berhasil.

Bila masih gagal, terpaksa ditempuh cara lain, misal memelihara seekor kucing agar diburu dan ditangkapnya. Upsya terakhir adalah memasang jebakan tikus atsu lem tikus. Namun bila tikusnya cukup besar lem tikus akan kurang berfungsi, lebih berfungsi jebakan tikus. Asal jangan kucing kita yang justru terjebak. Menyediakan makanan dengan racun tikus adalah upaya terakhir, karena banyak bahayanya, bisa termakan hewan peliharaan dan bangkai tikus akan tidak diketahui berada dimana.

2. Kecoa

Bila banyak kecoa yang muncul dari lubzng di kamar mandi, semprotlah dengan cairan yang bercampur tumbukan bawang merah, bawang putih dan merica. Bila masih gagal, terpaksa boleh menggunakan insektisida anti kecoa, namun sebaiknya disemprot pada saat kita sedang tidak berada di dekat lokasi yang disemprot karena baunya yang cukup keras.

3. Nyamuk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN