Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Konsultan - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hikmah Pandemi Covid-19

6 Juli 2021   04:27 Diperbarui: 6 Juli 2021   04:32 188 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hikmah Pandemi Covid-19
Covid-19 (sumber: BBC.com)

Covid-19 terus mengganas. Beberapa mutasi virus dikabarkan makin cepat menular dan banyak memakan korban jiwa. Berita-betita mengerikan mengenai Covid terus berdatangan di akun sosial media, sehingga membuat kita makin stress. Ada yang sekedar ketakutan, tapi ada yang panik, paranoid bahkan depresi.

Bila kita mau berpikir positif, pandemi Covid justru banyak memberikan hikmah pada manusia.

Sehubungan upaya mencegah penularan Covid, Pemerintah masing-masing negara menerapkan berbagai aturan dari yang semi ketat seperti PSBB dan PPKM di Indonesia hingga lockdown seperti di Australia, Singapura dan Malaysia.

Dampak positif dengan diberlakukannya aturan ini membuat masyarakat lebih banyak berdiam di rumah, atau membatasi aktivitas di luar rumah.

1. Lingkungan

Langit menjadi biru bersih, karena tingkat polusi atau pencemaran udara berkurang dengan berkurangnya atau tiadanya pemakaian kendaraan bermotor.

2.  Religiusitas

Meski tempat ibadah ditutup atau dibatasi, manusia lebih khusuk berdoa untuk memohon keselamatan terhindar dari bencana pandemi. Meski harus dilakukan secara daring, manusia tetap rajin mengikutinya. Padahal dulu waktu tempat ibadah dibuka, belum tentu rajin mengunjunginya.

Manusia menyadari kematian dapat datang setiap saat, baik bagi si kaya maupun si miskin. Manusia cenderung mengakui kesalahannya dan mohon ampunan, serta makin tekun beribadah. Karena manusia sewaktu-waktu dapat dipanggil Tuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN