Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Konsultan - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengajak Hewan Peliharaan Jalan

4 Juli 2021   13:35 Diperbarui: 4 Juli 2021   14:25 75 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengajak Hewan Peliharaan Jalan
Jalan (sumber: kompas.com)

Bila Anda memiliki hewan peliharaan, entah kucing atau anjing, namun biasanya lebih banyak orang mengajak jalan anjingnya. Khususnya diperumahan, tiap pagi pada hari libur / Minggu sering melihat orang yang sedang berjalan-jalan dengan anjingnya.

Sebagai pemilik anjing, sadarkah Anda bila anjing sering menandai wilayah yang dilewatinya dengan Buang air kecil atau buang air besar. Celakanya bila anjing kesayangan Anda buang air besar di pekarangan terbuka milk orang lain atau di taman umum. Hal ini bisa menyebabkan pemilik rumah dan pengelola taman marah.

Selain itu, membawa anjing jalan di luar rumah perlu pengawasan. Jangan sampai anjing Anda menjilat orang yang tidak menyukai anjing bahkan ada yang menabukan kena air liur anjing atau bahkan hingga menggigit orang lewat. Sebaiknya untuk membawa anjing jalan, Anda harus menyiapkan kalung yang memiliki pegangan, sehingga bila anjing Anda mau menjilat atau menggigit orang dapat Anda kendaliksn, misal dengan menariknya. Hal ini perlu diperhatikan, agar Anda tidak terkena masalah, misal keluar biaya untuk membawa orang yang digogit anjing Anda berobst.

Kembali ke masalah anjing BAB sembarangan, Anda saat mengajak jalan anjing, Anda harus siap membawa kantong plastik, kertas bekas dan memakai sarung tangan. Jadi, Anda jangan membiarkan kotoran anjing tergeletak di halaman rumah atau di depan rumah orang lain, sebagai pemilik anjing, Anda harus mengambil kotoran itu dengan kertas bekas lalu membawanya dengan kantong plastik, hingga menemukan tempat sampah umum trrdekat atau terpaksa membawanya pulang. Jangan mmbuang di tempat sampah milik orang lain, karena pemilik rumah belum tentu mengijinkannya. Demikian pula bila di taman umum, kalau di luar negeri, saya sering melihat di taman tersedia kotak berisikan plastik untuk tempat kotoran hewan. Di Indonesia, saya belum pernah melihatnya, semoga pengelola taman bisa menambahkannya,  jadi sebagai pemilik anjing, Anda harus membawanya sendiri. Karena bila Anda tertangkap pengawas taman, dan Amda tidak mengambil dan membersihkan kotoran, Anda bisa terkena denda.

Tempat plastik (dokpri)
Tempat plastik (dokpri)

Hal lain bila Anda membawa anjing jalan keluar, Anda harus memperhatikan agar anjing Anda jangan makan sembarangan. Bila Anda melihat ada makanan dan anjing Anda mendekatinya, segera tarik , siapa tahu makanan itu beracun yang dapat membunuh hewan kesayangan Anda.

Memang anjing sama juga dengan manusia, mereka suka bila diajak keluar rumah, agar tidak merasa stress, namun sebagai pemilik anjing, Anda harus memperhatikan etika tak terrtulis yang berlaku. Selamat jalan-jalan bersama anjing Anda.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN