Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Pensiunan, freelance copy writer - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Croffle, Kuliner Barat yang Hits di Korea Selatan, Sudah Pernah Coba?

2 Juli 2021   12:38 Diperbarui: 23 Juli 2021   10:29 356 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Croffle, Kuliner Barat yang Hits di Korea Selatan, Sudah Pernah Coba?
Croffle (dokpri)

Apa itu Croffle? Croffle adalah camilan atau kudapan yang populer di Korea Selatan pada 2020. Oleh karena di Indonesia banyak penggemar drakor dan musik K-Pop, maka hampir semua makanan yang berkonotasi Korea, pasti ikutan viral di Indonesia. 

Anda mungkin masih ingat Korean Garlic Cheese Bread, Korean Mochi Bread, atau Korean Egg Bread yang sempat diburu para generasi millenial dan Z di beberapa mall pada tiga tahun silam. Sejak tahun lalu hingga saat ini, meski tidak seheboh roti-roti sebelumnya mungin karena kalah pamor dengan si Covid, itulah croffle.

Namun menurut artikel kompas.com, croffle ini merupakan ide seorang koki asal Dublin, Louise Lennox dan sudah dipasarkan sejak 2017 di kafe La Petite Boulangerie.

Anda yang sudah pernah mencicipi, mungkin akan berkomentar, biasa-biasa saja sih, hampir mirip dengan waffle. Ya benar, karena Croffle adalah paduan dari roti khas Perancis croissant yang dibentuk dengan loyang waffle. Jadi bentuknya pipih seperti waffle meski citarasanya tetap seperti croissant yang lembut dan renyah. 

Bila Anda membeli Croffle di kafe-kafe biasanya disajikan mirip waffle dengan ditambahkan topping ice cream. Kudapan ini sangat cocok disantap dengan ditemani secangkir kopi. Namun bagi Anda yang ingin membuatnya juga mudah kok, yang penting Anda sudah memiliki loyang waffle.

Apa bahan untuk membuat Croffle? Siapkan saja 4 gram ragi instan, 200 gram tepung, 20 gram gula, 4 gram garam, 4 gram krim susu, 10 gram telur, 20 gram mentega, dan 100 gram air hangat.

Anda dapat mulai membuatnya dengan mencampurkan ragi dengan air hangat. Masukkan tepung pada sebuah mangkok dan campurkan garam, gula, mentega, dan krim susu pada mangkok berisi tepung, lalu aduk hingga rata.

Sebelum adonan ini dicampurkan dengan ragi yang telah dicampur dengan air hangat tadi, tambahkan sedikit telur pada adonan ragi. Kemudian campurkan dua macam adonan ini dan campur hingga rata.

Siapkan plastik untuk menuangkan campuran adonan ini. Remas-remas secukupnya. Pindahkan adonan ini ke dalam mangkok lalu tutup dengan plastik. Tunggu hingga adonan ini berkembang sekitar dua kali lipat.

Sambil menunggu, siapkan adonan mentega dengan rolling pin agar bentuknya menjadi pipih. Bungkus mentega pipih ini dengan plastic wrap, lalu masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x