Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Kiat Menghafal Sistem Periodik Unsur

18 Juni 2021   14:05 Diperbarui: 18 Juni 2021   14:20 136 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat Menghafal Sistem Periodik Unsur
Tabel SPU (sumber: semanticscholar.com)

Pelajaran ilmu kimia adalah pelajaran yang menarik, selain mempelajari banyak unsur yang dipisahkan berdasar logam, non logam juga berdasar nomor atomnya, juga ada praktikumnya. Pelajaran yang pernah saya dapatkan sejak duduk dibangku SMA ini sangat menarik karena memadukan ilmu pasti dan hafalan. 

Salah satu yang melibatkan hafalan adalah untuk mengingat penggolongan unsur atau elemen yang disusun dalam Sistem Periodik Unsur. Untuk mempermudah cara menghafal guru kimia kami mengajarkan sistem jembatan keledai.

Memang ada sebuah pepatah yang bunyinya sebodoh-bodohnya keledai janganlah terperosok pada lubang yang sama. Maka agar keledai tidak terperosok pada sebuah lubang dibuatkan jembatan.

Menurut Wikipedia, jembatan keledai adalah cara untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu yang digunakan dalam bidang pendidikan. Jembatan keledai sering berupa kata atau suku kata yang ditambahkan pada susunan kata yang ingin dihafal agar terbentuk kalimat dengan arti yang menarik atau masuk di akal.

Awalnya memang lucu, karena kami harus membuat sendiri jembatan keledai ini agar mudah menghafalkannya. Kata dibuat berdasar singkatan atau kata yang awal katanya mudah diingat.

Untuk golongan IA yang termasuk alkali, unsur terdiri atas H, Li, Na, K, Rb, Cs, Fr. (Helium, Lithium, Natrium, Kalium, Rubidium, Cesium dan Fransium). Guna memudahkan menghafal unsur-unsur tersebut jembatan keledai yang saya buat adalah: Hajah LiNa Kawin Robi Cs Frustrasi.

H diwakili oleh Hajah, Li diwakili oleh Li, sedang Natrum diwakili oleh Na. K diwakili oleh Kawin, Rb diwakili oleh Robi, Cs tetap dan Fr diwakili oleh Frustrasi.

Untuk golongan II.A yang termasuk alkali tanah, unsur terdiri atas Be, Mg, Ca, Sr, Ba, R ( Berilium, Magnesium, Kalium, Strontium, Barium, dan Radium). Guna memudahkan menghafal unsur-unsur tersebut, jembaran keledai mengambil nama buah dan sayur: Beli Mangga Cabai Sirsak Bayam Rambutan.

Be digantikan oleh Beli, Mg digantikan oleh Mangga, Ca digantikan oleh Cabai, Sr digantikan oleh Sirsak, Ba digantikan oleh Bayam dan R digantikan oleh Rambutan.

Untuk golongan III A yang termasuk boron, unsur terdiri atas: B, Al, Ga, In, Tl (Boron, Alumunium, Galium, Indium, dan Talium). Guna memudahkan menghqfal unsur-unsur tersebut, jembatan keledainya masih tentang belanjaan: Beli Alpukat Garam Ingin Telur.

B digantikan oleh Beli, Al digantikan oleh Alpukat, Ga digantikan oleh Garam, In digantikan oleh Ingin, dan Tl digantikan oleh Telur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN